Piala Sudirman 2019: Jika Sukses Singkirkan Jepang, Indonesia Sudah Ditunggu China

Sabtu, 25 Mei 2019 14:09 WIB
Penulis: Ridi Fadhilah Khan | Editor: Isman Fadil
© BWF
Ironi Indonesia dan Piala Sudirman, lahir di Jakarta, besar di tanah asing. Foto: BWF Copyright: © BWF
Ironi Indonesia dan Piala Sudirman, lahir di Jakarta, besar di tanah asing. Foto: BWF

INDOSPORT.COM - Memasuki babak semifinal Piala Sudirman 2019, Indonesia akan berhadapan dengan salah satu lawan kuat, yakni Jepang, Sabtu (25/05/19). Andai berhasil meraih kemenangan di babak ini, Indonesia akan langsung berhadapan degan pemegang 10 gelar Piala Sudirman, yaitu China.

Dalam babak semifinal Piala Sudirman 2019, langkah Indonesia untuk melenggang ke putaran final kian semakin berat. Pasalnya sang lawan, Jepang, merupakan unggulan kedua yang diprediksi menjadi lawan sulit untuk Indonesia di ajang ini.

Walau begitu, kepala bidang pembinaan dan prestasi PB PBSI, Susi Susanti, mengungkapkan bahwa dirinya optimisi Indonesia bisa mengalahkan Jepang, diluar statistik pertemuan lebih mengunggulkan sang lawan.

"Kita tak perlu lihat di atas kertas atau head to head seperti apa. Semua bisa terjadi di atas lapangan. Semangat juang dan kerja keras itu yang harus dijalankan. Apapun hasilnya," ungkap Susi dilansir dari Antara.

Singkat cerita, apabila Indonesia berhasil mengalahkan Jepang pada babak semifinal, maka Indonesia akan menantang tim China yang sudah terlebih dahulu melenggang ke final setelah mengalahkan Thailand dengan skor 3-0.

Tentu saja China diprediksi akan menjadi lawan yang sulit untuk Indonesia dalam pemburuannya meraih gelar Piala Sudirman 2019. Pasalnya dari 13 kali partisipasinya, China berhasil meraih 10 trofi. Hanya pada tahun 2003 dan 2017 saja mereka gagal setelah dikalahkan oleh Korea Selatan.

Walau begitu, Indonesia diprediksi bisa menyulitkan Jepang dan China --apabila lolos ke final-- mengingat Indonesia mengandalkan duo Kevin Sanjaya/Marcus Gideon atau Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang masih belum terkalahkan.