Rekor di Luar Nalar Kembali Diciptakan Kevin/Marcus Pasca Piala Sudirman

Selasa, 28 Mei 2019 13:11 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Humas PBSI
Poin kemenangan pertama disumbang oleh ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon setelah mengalahkan Marcus Ellis dan Chris Langridge. Foto: Humas PBSI Copyright: © Humas PBSI
Poin kemenangan pertama disumbang oleh ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon setelah mengalahkan Marcus Ellis dan Chris Langridge. Foto: Humas PBSI

INDOSPORT.COM - Pasangan ganda putra nomor 1 dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, kembali menciptakan rekor mengesankan pasca Piala Sudirman 2019.

Berdasarkan berita olahraga yang dilansir dari akun Instagram, @badmintontalk_com, pasangan yang dijuluki The Minions tersebut sukses menempati peringkat pertama ranking BWF selama 100 minggu.

Pencapaian tersebut pun membuat ganda putra yang sama sekali tidak tersentuh kekalahan di turnamen Piala Sudirman 2019 tersebut, menjadi pebulutangkis/pasangan Indonesia pertama yang berhasil bertahan di peringkat 1 dunia dalam rentang waktu selama 100 minggu.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Badminton Talk (@badmintalk_com) on

Apa yang berhasil dicapai Kevin/Marcus tersebut sebelumnya telah lebih dulu diraih oleh pasangan Korea Selatan, Lee Yong dae/Yoo Yeon Seong. The Minions pertama kali berhasil naik ke peringkat 1 dunia usai memenangkan kejuaraan All England tahun 2017.

Sempat tergeser oleh pasangan Li Junhui/Liu Yuchen dan  pasangan Denmark, Boe/Mogensen, ganda putra andalan Indonesia tersebut akhirnya kembali ke takhta mereka pada 28 September 2017, berkat kemenangan di China Open 2017 dan sukses terus mempertahankan peringkat tersebut sampai sekarang.

Apa yang berhasil diraih Kevin/Marcus ini juga telah telah menyamai pencapaian pebulutangkis top dunia lainnya seperti Lee Chong Wei, Wang Yihan, Li Xuerui, Tai Tzu Ying, Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong, Wang Xiaoli/Yu Yang, Matsutomo/Takahashi, dan Zhang Nan/Zhao Yunlei, yang juga sukses bertahan di peringkat 1 dalam kurun waktu 100 hari.

Mereka harus menjaga posisi tersebut selama 18 minggu agar bisa memecahkan rekor milik Lee/Yoo yang berhasil bertahan di puncak dalam kurun waktu 117 minggu dan setidaknya harus bertahan selama 30 minggu lagi di peringkat pertama ranking BWF untuk memecahkan rekor 117 minggu berturut-turut milik Lee/Yoo yang bertahan di puncak ranking BWF.

Sementara itu, mereka dipastikan bakal absen di turnamen Australia Open 2019 dan diperkirakan akan kembali comeback di turnamen Indonesia Open 2019.