Bao Chunlai: Pebulutangkis Ganteng China yang Kini Jadi Artis

Rabu, 29 Mei 2019 10:38 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© KAZUHIRO NOGI/AFP/Getty Images
Bao Chunlai pebulutangkis asal China saat beraksi di atas lapangan. Copyright: © KAZUHIRO NOGI/AFP/Getty Images
Bao Chunlai pebulutangkis asal China saat beraksi di atas lapangan.

INDOSPORT.COM – Mantan pebulutangkis ternama China, Bao Chunlai sempat berjaya di masanya. Sejumlah gelar prestisius pun telah dikoleksi oleh pria yang saat ini berusia 36 tahun tersebut.

Bao Chunlai berhasil mempersembahkan dua gelar Asian Games saat masih aktif bermain sebagai pebulutangkis. Itu ia raih saat bersaing di Asian Games Doha 2006 dan Guangzhou pada 2010.

Tak hanya itu, Bao Chunlai juga berhasil meraih empat gelar Sudirman Cup dan Thomas Cup. Itu sudah cukup menjelaskan bahwa Bao Chunlai memiliki kualitas yang tak bisa dipandang sebelah mata.

Saat itu Bao Chunlai selalu masuk dalam tim pria China saat bermain di sebagai regu. Bao Chunlai ditempatkan di paling terkahir untuk menjadi penentu bagi China untuk meraih kemenangan di akhir-akhir laga.

Tak jarang, Bao Chunlai menjadi penentu kemenangan tim pria China. Itu terjadi saat menjalani pertandingan final Asian Games 2006 silam melawan Korea Selatan dengan skor 3-2.

Bao Chunlai memastikan kemenangan tim pria China setelah menumbangkan Shon Seung-mo dua set langsung. Ia bahkan mendominasi pertandingan dengan unggul jauh di setiap setnya, yakni 21-9, 21-8.

Setelah memutuskan pensiun pada 2011 lalu, Bao Chunlai banting stir menjadi aktor dan kerap kali menghiasi layar bioskop Negri Tirai Bambu. Terhitung, ia telah memainkan lima film layar lebar.

Menurut laporan situs Choneemov.com, film-film yang dimainkan Bao Chunlai adalah Soul Transfer Station (2012), Full Strike (2015), The Match (2016), Boonie Bears 4 (2017), dan Confidant (2019).

Wajar jika Bao Chunlai mendapatkan pekerjaan sebagai aktor setelah memutuskan gantung raket. Pasalnya, ia menjadi idola-idola wanita karena ketempanannya.

Bahkan ia lebih dulu mendapatkan tempat hati wanita dibandingkan dengan dua pemain lainnya, yakni Lee Yong-dae dan Jonatan Christie. Seperti yang diketahui, kedua pebulutangkis itu menjadi idola anak-anak, milenial.

Alami Gangguan Pendengaran

© VCG/VCG via Getty Images
Bao Chunlai pebulutangkis asal China. Copyright: VCG/VCG via Getty ImagesBao Chunlai pebulutangkis asal China.

Menurut situs media China terkenal Sina.com, Bao Chunlai dilaporkan kehilangan penggunaan pendngaran telinga kirinya karena penyakit yang tidak diobati.

Mantan juara Asia, yang kini berubah jadi aktor, mengaku terus-menerus menunda pemeriksaan kesehatannya karena jadwal syuting yang sangat ketat.

Penundaan pengobatan itu sat ini nyatnya telah menyebabkan kehilangan pendengaran yang mungkin tidak dapat disembuhkan.

Bao Chunlai Namun, Bao dengan jelas menambahkan bahwa dia pasti akan melanjutkan kegiatan aktingnya di masa depan. Menyatakan betapa sulitnya pada awalnya untuk menghadapi pusing yang terus-menerus tetapi ia merasakan