Deretan Pebulutangkis Berdarah Indonesia yang Bersinar di Tanah Kelahirannya

Selasa, 11 Juni 2019 17:43 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Instagram/World Badminton News
Yuhan Tan, pebulutangkis Belgia berdarah Indonesia bersama sang adik. Copyright: © Instagram/World Badminton News
Yuhan Tan, pebulutangkis Belgia berdarah Indonesia bersama sang adik.

INDOSPORT.COM - Indonesia sudah sejak dahulu dikenal sebagai negara yang memiliki kekuatan lebih dalam cabang olahraga bulutangkis. Hal tersebut terbukti lantaran tiap waktu mampu melahirkan atlet-atlet bulutangkis yang memiliki bakat dan juga bertalenta.

Sebut saja mulai dari Rudy Hartono, Liem Swie King, Christian Hadinata, Susy Susanti, Taufik Hidayat, dan masih banyak lagi. Bahkan hingga yang terbaru saat ini adalah Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Namun, nama-nama di atas hanyalah sedikit dari banyaknya pebulutangkis top yang mampu membanggakan nama Indonesia di kancah dunia.

Kerennya lagi, tidak hanya pebulutangkis asli Indonesia saja yang sukses menorehkan banyak prestasi, pebulutangkis yang memiliki darah Indonesia pun juga sukses melakukan hal serupa.

Lantas, siapa saja pemain-pemain yang dimaksud? Berikut INDOSPORT merangkum 3 pebulutangkis berdarah Indonesia yang bersinar di negara kelahirannya:

Yuhan Tan

Yuhan Tan merupakan pebulutangkis Belgia yang rupa-rupanya memiliki darah Indonesia. Pebulutangkis kelahiran 1987 tersebut ternyata terlahir dari ayah yang berdarah Indonesia dan ibu asli Belgia. Ayah Yuhan merupakan orang Bandung, maka tak heran jika ganda putra Belgia tersebut kini fasih berbahasa Indonesia.

Selama membela Belgia, Yuhan telah menorehkan sejumlah prestasi penting. Ia menjadi pebulutangkis tunggal putra termuda yang berhasil lolos ke Olimpiade Beijing 2008 silam.

Ia sudah 3 kali menjadi Runner-Up BWF International Challenge yang diselenggarakan di Austria pada tahun 2012 dan Brasil pada tahun 2013, serta Amerika pada tahun 2015 lalu.

Sementara itu di turnamen BWF International Series, ia berhasil menjadi juara 2 kali yakni di Turki tahun 2013 dan 2015. Sementara di BWF Future Series, ia berhasil naik podium satu kali.

Alex Yuwan Tjong

Alex Yuwan Tjong merupakan pebulutangkis andalan negeri Samba Brasil. Kendati menjadi pebulutangkis yang sukses di Brasil, Alex ternyata merupakan atlet yang berdarah Indonesia. Ia memiliki ayah yang berasal dari Lombok dan ibu yang merupakan orang Palembang.

Selama membela Brasil, Alex Tjong setidaknya sudah mengantongi beragam gelar. Mulai dari tiga medali perak di turnamen South American Games, dua medali perak dan 4 medali perunggu di turnamen Pan American Championships serta satu medali perunggu di turnamen Pan American Games 2015.

Alyssa Tirtosentono

Pebulutangkis yang satu ini sempat ramai menjadi perbincangan publik tanah air karena darah Indonesia yang mengalir di tubuhnya.

Ia ternyata memiliki kakek dan nenek yang merupakan orang jawa. Bersama dengan Belanda, ia sempat mencuri perhatian dengan menyumbangkan dua angka penting di turnamen BWF World Junior Championships 2017 silam.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
50%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%