Dibuang Malaysia, 2 Pelatih Bulutangkis Ini Langsung Melejit di Negara Lain

Rabu, 12 Juni 2019 21:35 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Arum Kusuma Dewi
© thestar
Direktur Teknik Federasi Badminton Malaysia (BAM), Martin Frost, mengunjungi tempat latihan tim badminton Malaysia. Copyright: © thestar
Direktur Teknik Federasi Badminton Malaysia (BAM), Martin Frost, mengunjungi tempat latihan tim badminton Malaysia.

INDOSPORT.COM - Dibuang tak selamanya buruk, demikianlah kalimat yang tepat untuk dua mantan pelatih Malaysia yang kini melejit bersama dengan negara lain.

Dua pelatih bulutangkis tersebut tak lain tak bukan adalah Tan Kim Her dan Wong Tat Meng. Kim Her seperti diketahui memutuskan menjadi melatih setelah tak lagi aktif sebagai pebulutangkis.

Pria kelahiran 1971 tersebut tercatat pernah melatih tim junior Malaysia dalam kurun waktu 6 tahun. Namun memutuskan untuk pergi ke Korea Selatan pada tahun 2005 untuk menjadi pelatih bulutangkis di sana.

Kariernya bersama Korsel pun hanya berlangsung selama 2 tahun, sebelum akhirnya ia memutuskan bergabung bersama timnas Inggris.

Tahun 2010, ia sempat kembali ke Malaysia dan melatih di sana. Namun ia memutuskan pergi ke India pada tahun 2015 setelah ditunjuk menjadi pelatih ganda putra India.

Di negerinya Salman Khan, ia menuai beragam keberhasilan, seperti membawa ganda putra India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty ke peringkat 21 dunia.

Empat tahun menghabiskan waktunya bersama India, Tan Kim Her pergi ke Negeri Sakura untuk menggantikan posisi Reony Mainaky yang memilih kembali ke Indonesia dan meninggalkan timnas Jepang pada Maret 2019 lalu. Kini, perjalanan barunya bersama tim Negeri Sakura tersebut pun siap dimulai.

Sama halnya dengan Wong Tat Meng yang juga memilih meninggalkan PBSI Malaysia untuk melatih tim Skotlandia. Negeri Jiran sekali lagi kehilangan talenta berharganya.

Pergi ke Skotlandia, Wong menuai kesuksesan dengan mencetak tunggal putri kelas dunia yang sukses meraih medali perak di ajang Commonwealth Games 2014. Pebulutangkis tersebut adalah Kirsty Gilmour yang kini menjadi salah satu anak asuhan Wong.

Sekarang, kedua pelatih tersebut sedang dalam pembangunan ulang karier melatih mereka untuk kembli mencetak pebulutangkis-pebulutangkis berprestasi kelas dunia untuk negaranya masing-masing.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%