Hendrawan, Tangan Dingin Pelatih Indonesia di Balik Keperkasaan Lee Chong Wei

Kamis, 13 Juni 2019 16:43 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Grafis: Muproni/INDOSPORT-Internet
Hendrawan, legenda bulutangkis Indonesia dan pelatih dari Lee Chong Wei. Copyright: © Grafis: Muproni/INDOSPORT-Internet
Hendrawan, legenda bulutangkis Indonesia dan pelatih dari Lee Chong Wei.

INDOSPORT.COM - Lee Chong Wei memutuskan untuk pensiun dari bulutangkis. Lee Chong Wei selama ini dilatih oleh Hendrawan yang berasal dari Indonesia. 

Pebulutangkis andalan Malaysia di nomor tunggal putra, Lee Chong Wei, memutuskan untuk pensiun dari kancah bulutangkis dunia. 

Setelah berjuang melawan kanker hidung yang dideritanya sejak setahun terakhir, Lee Chong Wei akhirnya memutuskan untuk pensiun dari bulutangkis atas saran dokter. 

Lee Chong Wei yang kini berusia 36 tahun, disarankan oleh dokter untuk menghindari aktivitas yang dapat menimbulkan stres agar penyakit kanker hidungnya tak semakin parah. 

Sebelum pensiun, Lee Chong Wei dilatih oleh pelatih bertangan dingin yang merupakan legenda Indonesia, Hendrawan

Profil dan Prestasi Hendrawan

Hendrawan, adalah mantan pebulutangkis Indonesia kelahiran Malang, Jawa Timur, 27 Juni 1972. Saat masih aktif sebagai pemain, Hendrawan mendulang banyak prestasi. 

Baik prestasi individu, juga prestasi beregu bersama Timnas Bulutangkis Indonesia. Gelar individu pertamanya diraih di French Open 1993. 

Selanjutnya berturut-turut Hendrawan memenangkan Russian Open 1995, Thailand Open 1997, Singapore Open 1998, dan Thailand Open 2000. 

Sayangnya, pada Olimpiade 2000 Sydney, Hendarawan kalah dari Ji Xinpeng di partai final dan hanya meraih medali perak. Setahun berselang, Hendrawan memenangkan gelar Kejuaraan Dunia BWF 2001 di Spanyol. 

Medali perak Asian Games 1998 di nomor individu, serta medali emas di nomor beregu. Hendrawan juga membantu Indonesia meraih gelar Piala Thomas secara beruntun, 1998, 2000, dan 2002. 

Melatih Lee Chong Wei  

Setelah pensiun sebagai atlet pada tahun 2003, Hendrawan mulai menapaki karier sebagai pelatih. Hendrawan menjadi salah satu pelatih di pelatnas PBSI. 

Pada tahun 2010, Hendrawan menerima tawaran untuk melatih Malaysia pada tahun 2010. Awalnya ia ditugasi untuk melatih pemain-pemain muda Malaysia. 

Lalu pada tahun 2015, Hendrawan menjadi pelatih pribadi Lee Chong Wei sejak bulan April. Bersama Hendrawan, Lee Chong Wei bangkit dari keterpurukan usai tersangkut kasus doping. 

Lee Chong Wei akhirnya mulai bangkit dan meraih gelar demi gelar di tahun 2015, mulai dari US Open, Canada Open, French Open, China Open, dan Hong Kong Open. 

Sayangnya, Hendrawan gagal membantu Lee Chong Wei meraih medali emas Olimpiade Rio de Jainero 2016. Lee Chong Wei kalah 18-21 dan 18-21 dari Chen Long di laga final. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
100%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%