Apa Kabar Ivana Lie, Srikandi Indonesia yang Sempat Tak Diakui Ke-WNI-annya?

Senin, 17 Juni 2019 12:09 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Arum Kusuma Dewi
© PBDjarum.org
Ivana Lie, legenda bulutangkis Indonesia. Copyright: © PBDjarum.org
Ivana Lie, legenda bulutangkis Indonesia.

INDOSPORT.COM - Ivana Lie, salah satu Srikandi Indonesia yang namanya bersinar di tahun 1980-an. Apa kabar sosok Ivana Lie?

Ya, Ivana Lie merupakan salah satu pebulutangkis andalan Indonesia yang bermain di tiga nomor sekaligus dengan prestasi yang mendunia.

Mantan pebulutangkis yang memiliki nama asli Lie Ing Hoa ini pernah menyabet berbagai gelar bergengsi seperti Piala Dunia Bulutangkis 1985, Indonesia Open 1983, 1984, SEA Games 1979, 1981, 1983, 1983 dan lain sebagainya.

Bermain di tiga nomor sekaligus, Ivana bisa dibilang lebih bersinar saat bermain di nomor ganda campuran bersama dengan Christian Hadinata (pebulutangkis yang sukses menjadi juara ganda campuran pertama All England dari Asia).

Berduet dengan Christian, wanita kelahiran 7 Maret 1960 tersebut, sukses meraih banyak gelar juara bergengsi dibandingkan saat dia bermain di ganda putri bersama dengan Rosiana Tendean dan di tunggal putri.

Namun di balik kesuksesannya merengkuh berbagai gelar juara dunia, ternyata terselip satu cerita ketika dirinya sempat tak diakui status ke-WNI-annya. Di kala terdapat banyak pebulutangkis setelahnya yang memilih 'berkhianat' dan bertukar kewarganegaraan asing, nasib sebaliknya justru dialami Ivana.

Di tengah-tengah perjuangannya mengharumkan nama bangsa, Ivana ternyata justru menjadi pebulutangkis yang tak diakui kewarganegaraannya lantaran orang tuanya yang bukan termasuk etnis Tionghoa yang ke-WNI-annya diakui secara resmi dengan adanya Surat Bukti Kewarganegaraan Indonesia (SBKRI).

Namun perjuangannya selama bertahun-tahun untuk meraih status WNI akhirnya terwujud sejak 29 November 1982, ketika ia bisa bertemu dengan mendiang Presiden RI, Bapak Soeharto.

Kabar Terkini Ivana Lie

Ivana Lie tercatat telah gantung raket alias pensiun dari jagat bulutangkis dunia pada 1990. Meski sudah pensiun, Ivana Lie ternyata belum benar-benar meninggalkan dunia bulutangkis.

Sosok Ivana Lie diketahui masih aktif di jagat bulutangkis sebagai pelatih. Dilansir dari situs resmi pbdjarum.org, Ivana kini menjadi salah satu anggota tim pemandu bakat Djarum di sektor U13 di sektor tunggal putri.

Ia juga pernah menekuni dunia bisnis pakaian sport, tetapi kini sudah tak lagi ditekuninya. Di era Andi Mallarangeng dan Roy Suryo, ia sempat dipercaya menjadi staf khusus di kementerian pemuda dan olahraga.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%