Apa Kabar Ellen Angelina, Tunggal Putri Tanah Air Terakhir yang Juara Indonesia Open?

Rabu, 19 Juni 2019 13:19 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Arum Kusuma Dewi
© PB Djarum
Mantan pebulutangkis Indonesia, Ellen Angelina. Copyright: © PB Djarum
Mantan pebulutangkis Indonesia, Ellen Angelina.

INDOSPORT.COM - Ellen Angelina, tunggal putri Indonesia terakhir yang menjuarai turnamen Indonesia Open. Apa kabar Ellen Angelina kini?

Ya, Ellen Angelina memang tidak memiliki karier yang begitu cemerlang seperti para Srikandi Indonesia lainnya yang sempat meraih berbagai gelar bergengsi dunia.

Angelina merupakan mantan pebulutangkis kelahiran Salatiga, 30 Juni 1976. Prestasi paling prestisius yang pernah diraihnya selama masih aktif bermain yaitu gelar juara Indonesia Open 2001, meskipun sebelumnya ia juga sempat menjuarai kejuaraan Malaysia International 1997 dan kejuaraan Indonesia International 1997.

Keberhasilannya menjuarai Indonesia Open 2001 terjadi ketika ia tak lagi menjadi bagian dari Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas). Kesuksesannya mengalahkan Wang Chen (wakil China) di final Indonesia Open 2001 menjadi salah satu momen terbaik di sepanjang kariernya.

Ia pernah seangkatan dengan pemain tunggal putri Indonesia yang seangkatan dengan dengan Lidya Djaelawijaya, Cindana Hartono dan lain sebagainya.

Selama masih aktif bermain, ia pernah bertemu dengan pemain-pemain kelas atas dunia seperti Mia Audina (pebulutangkis yang berganti kewarganegaraan Belanda), Zhou Mi, Xie Xinfang dan masih banyak lagi.

Kabar Terkini Ellen Angelina

Ellen memutuskan mundur dari dunia bulutangkis pada tahun 2003 dan memutuskan banting setir sebagai pelatih di PB Djarum. Bersama PB Djarum, ia melatih bibit-bibit Srikandi muda U-15 di klub tersebut.

Angelina bisa dibilang merupakan aktor di balik kisah sukses mantan pebulutangkis tunggal putri Indonesia yang kini bermain di sektor ganda campuran, Maria Febe Kusumastuti.

Ia sangat berperan dalam menggembleng Febe di pemusatan latihan PB Djarum di Kudus hingga membuatnya sukses meraih berbagai gelar juara prestisius di turnamen bulutangkis.