Mister Eng Hian dan Flandy Limpele, Pernah 'Berkhianat' ke Inggris Lalu Kembali Lagi

Senin, 24 Juni 2019 21:31 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Lanjar Wiratri
© PBSI
Eng Hiang, pelatih bulutangkis ganda putri Indonesia. Copyright: © PBSI
Eng Hiang, pelatih bulutangkis ganda putri Indonesia.

INDOSPORT.COM - Tak betah mendua, Eng Hian dan Flandy Limpele akhirnya memutuskan kembali ke pelukan Ibu Pertiwi.Sejatinya Eng Hian/Flandy Limpele merupakan pemain pelatnas timnas PBSI.

Sebelum berduet dengan Flandy Limpele, ia bermain di sektor ganda putra bersama dengan Hermono. Sementara, Flandy Limpele bermain di ganda campuran bersama dengan Riseu Rosalina.

Selama berduet dengan Eng Hian/Limpele berhasil meriah medali perunggu Olimpiade Athena 2004 usai mengalahkan pasangan Denmark, Jens/Eriksen/Martin Lundgaard Hansen dengan skor akhir 15-13, 15-7.

Kedua pasangan tersebut sempat hijrah ke Inggris dari tahun 2001 hingga 2003. Selama bermain untuk Inggris, mereka pernah menjajaki peringkat 1 dunia sebelum akhirnya ditarik kembali ke Indonesia.

Meskipun sempat pindah, tetapi ternyata adanya Permanent Resident, membuat ke-WNI-an mereka berdua tak hilang dan bisa kembali lagi ke negara asal sewaktu-waktu.

Eng Hian sempat mengundurkan diri dari pelatnas Cipayung pada Mei 2007 dan menjadi pelatih Singapura sebelum akhirnya kembali ke Indonesia dan sekarang menjadi pelatih ganda putri.

Sementara itu Flandy Limpele kini mengaduh nasib di negara India dan menjadi pelatih di nomor ganda putra tepat di bulan Februari 2019 lalu.