Apa Kabar Liang Chiu Sia, Pelatih Bertangan Dingin di Balik Kesuksesan Susy Susanti?

Kamis, 27 Juni 2019 16:32 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Arum Kusuma Dewi
© badmintonindonesia
Mantan pelatih nomor tunggal putri Pelatnas Cipayung, Liang Chiu Sia Copyright: © badmintonindonesia
Mantan pelatih nomor tunggal putri Pelatnas Cipayung, Liang Chiu Sia

INDOSPORT.COM - Liang Chiu Sia, pelatih tunggal putri Indonesia terakhir yang mampu memberikan segudang prestasi. Apa kabar Liang Chiu Sia kini?

Ya, Liang Chiu Sia merupakan mantan pelatih tunggal putri bertangan dingin yang menjadi pahlawan kesuksesan Srikandi legendaris Indonesia, Susy Susanti.

Di tangan dingin Chiu Sia, Susy Susanti berhasil meraih dua gelar prestisius dengan menjadi juara Olimpiade Barcelona 1992 dan juara dunia di tahun 1993. Ia juga pernah menjadi bagian dari tim Uber Indonesia selama 8 tahun melatih.

Sempat berhenti melatih tunggal putri Indonesia, Chiu Sia akhirnya kembali lagi menjadi kepala pelatih tunggal putri pada tahun 2013 atas permintaan mantan anak didiknya, Susy Susanti.

Terbukti, di tangan dinginnya dan Verawati, ia berhasil mencetak salah satu pebulutangkis unggulan, yakni Lindaweni Fanetri yang berhasil merangsak ke perempatfinal All England 2013, semifinal Singapura Open 2013 serta menjuarai turnamen BWF Grand Prix di India.

Selepas peninggalannya, kini tunggal putri Indonesia sudah semakin jarang berprestasi bahkan sempat terpuruk, hingga akhirnya merekrut Rionny Mainaky yang sukses bersama Timnas bulutangkis Jepang untuk melatih tunggal putri.

Kabar Terkini Liang Chiu Sia

Liang Chiu Sia sudah tak menjadi bagian dalam jajaran pelatih Pelatnas PBSI pada tahun 2014 dan ia sempat didatangkan kembali ke Indonesia oleh Susy Susanti sebagai penasihat.

Tahun 2018, ia tampak masih sempat berfoto bersama dengan Susy dan momen foto tersebut diabadikan di akun Instagram pribadi milik mantan anak didiknya tersebut.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Susy Susanti (@susysusantiofficial) on

Melalui akun instagramnya, Liang Chiu Sia juga membagikan foto dirinya bersama dengan aktris cantik Jenny Zhang Wiradinata yang memerankan sosoknya di film Susi Susanti-Love All.
 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Liang Chiu Sia (@liangchiusia) on

2