Indonesia Open 2019: Kala 2 Rekan Se-Asia Tenggara Tak Kuasa Membendung Dominasi Indonesia

Kamis, 27 Juni 2019 07:33 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibarahim/INDOSPORT
Indonesia Open 2019 siap digelar di Istora Senayan. Copyright: © Herry Ibarahim/INDOSPORT
Indonesia Open 2019 siap digelar di Istora Senayan.

INDOSPORT.COM -  Dominasi Indonesia di turnamen Indonesia Open memang tidak lagi bisa dibantah. Bagaimana tidak, dari seluruh turnamen yang sudah digelar, Indonesia masih tak tergoyahkan di puncak dengan torehan 84 gelarnya.

Bahkan dominasi Indonesia di tanah sendiri tak mampu dibendung oleh tim sekuat China yang sejauh ini masih menempati peringkat kedua dengan 45 gelar.

Jika China saja tak mampu, apalagi dua rekan se-Asia Tenggara, yakni Thailand dan Malaysia. Bermain di hadapan warga Indonesia, pebulu tangkis Negeri Seribu Pagoda dan Negeri Jiran bisa berbuat lebih.

Meskipun Malaysia berhasil menduduki peringkat empat dengan raihan 11 gelarnya, namun catatan gelar juara tersebut belum ada setengah dari koleksi gelar Indonesia.

Apalagi, kini mereka telah ditinggal oleh pebulu tangkis tunggal putra andalan, Lee Chong Wei yang memutuskan untuk gantung raket beberapa waktu lalu akibat penyakit kanker yang dideritanya.

Tentu saja, peluang Malaysia untuk bisa kembali naik podium tahun ini di salah satu nomor pertandingan bukanlah sebuah perkara mudah. Setidaknya dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mengejar ketertinggalan mereka dari Indonesia.

Lain Malaysia, lain pula Thailand yang justru lebih tidak berdaya ketika bermain di bumi Pertiwi. Negeri Seribu Pagoda tersebut sejauh ini hanya mampu meraih 2 gelar saja di turnamen BWF World Tour Super 1000 ini.

Dua gelar yang berhasil diraih Thailand dipersembahkan oleh nomor pertandingan tunggal putri dan ganda campuran. Tidak usah terlalu jauh mengejar Indonesia, mengejar torehan Malaysia saja, mereka akan membutuhkan waktu yang sangat panjang.

Namun bukan berarti, Thailand bisa diremehkan di turnamen Indonesia Open 2019 kali ini. Sektor tunggal putri mereka masih sangat berbahaya dan bisa jadi, ia dapat naik podium di hadapan pendukung Tanah Air kali ini.