Hendra/Ahsan Bocorkan Target di Indonesia Open 2019

Jumat, 28 Juni 2019 08:14 WIB
Penulis: Tempo.co | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Shi Tang/Getty Images
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di ajang All England Open 2019 Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di ajang All England Open 2019

INDOSPORT.COM - Spesialis ganda putra Hendra Setiawan berharap bisa melangkah jauh di ajang Indonesia Open 2019. Secara pribadi, Hendra ingin mencapai semifinal di turnamen BWF World Tour Super 1000 itu.

"Target masuk semifinal dulu," tuturnya kepada Tempo, Kamis (27/06/19).

Langkah Hendra yang berpasangan dengan Mohammad Ahsan ini di Indonesia Open tahun lalu harus terhenti di babak pertama.

Ahsan/Hendra takluk dari Kevin Sanjaya/Marcus Gideon. Keduanya kalah dari ganda peringkat satu dunia itu dengan skor 16-21, 21-18, dan 10-21. Di ujung turnamen, Kevin/Marcus sukses merebut gelar juara Indonesia Open 2018.

Tahun ini, Hendra/Ahsan akan bentrok dengan wakil Inggris, Marcus Ellis/Chris Langridge. Di atas kertas, Hendra/Ahsan yang menempati peringkat empat dunia masih unggul dari Ellis/Langridge. Dari tiga kali pertemuan, Hendra/Ahsan selalu berhasil meraih kemenangan.

Laga terakhir keduanya ialah pada turnamen All England Maret lalu. Saat itu Hendra/Ahsan menang 21-19, 21-12 atas Ellis/Langridge. Di akhir turnamen Hendra/Ahsan berhasil merebut trofi All England untuk kedua kalinya.

Meski demikian, Hendra tak mau gegabah bertemu dengan Ellis/Langridge lagi. Walau lawan menghuni peringkat 22 dunia, Hendra akan fokus sejak awal. "Lawan mereka tidak mudah," ucapnya.

Kurang dari tiga pekan jelang turnamen Hendra menyatakan semua persiapan sudah dilakukan. Saat ini ia dan Ahsan hanya perlu menjaga kondisi.

Sektor ganda putra memang masih menjadi andalan Indonesia untuk merebut gelar juara di Indonesia Open 2019.

Namun Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Susy Susanti melihat bahwa peluang di sektor tunggal putra juga cukup besar. "Kalau bicara progres, tunggal putra sudah mulai ada. Saya rasa, tunggal putra sekarang bisa diandalkan," ujar legenda bulutangkis Indonesia itu.

1