2 Negara yang Kuasai Daftar Unggulan Indonesia Open 2019, Indonesia?

Senin, 15 Juli 2019 12:12 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Istora bersolek jelang Indonesia Open 2019. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Istora bersolek jelang Indonesia Open 2019. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Indonesia Open 2019 akan dimulai pada Selasa (16/07/19). 2 negara ini menguasai daftar unggulan Indonesia Open 2019. 

Turnamen bulutangkis BWF World Tour Indonesia Open 2019 akan dimulai pada Selasa (16/07/19). Istora Senayan sudah siap menyambut kedatangan atlet-atlet bulutangkis papan atas dunia. 

Indonesia Open 2019 akan memperebutkan gelar bergengsi dan juga total hadiah 1.250.000 US dolar atau sekitar 17,4 miliar rupiah. 

Sebelum Indonesia Open 2019 dimulai, nama-nama unggulan sudah dirilis. Lalu negara mana yang mengusai daftar unggulan Indonesia Open 2019? 

China 

Sebagai salah satu kekuatan bulutangkis dunia, China tentunya memiliki pebulutangkis-pebulutangkis papan atas. Untuk Indonesia Open 2019, China pun menurunkan atlet terbaiknya. 

China juga menguasai daftar unggulan di Indonesia Open 2019. Total, China memiliki 10 unggulan di Indonesia Open 2019. 

Hebatnya lagi, 10 unggulan tersebut tersebar merata di 5 nomor pertandingan. Shi Yuqi dan Chen Long unggulan di tunggal putra, Chen Yufei dan He Bingjiao unggulan di tunggal putri. 

Sedangkan di ganda putra ada Li Junhui/Liu Yuchen dan Han Chengkai/Zhou Haodong. Lalu di ganda putri ada Chen Qingchen/Jia Yifan dan Du Yue/Li Yinhui. 

Jepang

Jepang yang saat ini juga sering berprestasi di bulutangkis, punya jumlah unggulan yang sama dengan China di Indonesia Open 2019 yakni 10 unggulan. 

Bedanya, Jepang mengusai sektor tertentu dalam unggulan tersebut. Jepang punya 4 unggulan sekaligus di nomor ganda putri. 

Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara di unggulan pertama, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota pada unggulan kedua. Lalu ada Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi sebagai unggulan ketiga, dan Shiho Tanaka/Koharu Yonemoto di unggulan ke-7. 

Untuk tunggal putra, Kento Momota menjadi ungggulan pertama. Nomor tunggal putri Nozomi Okuhara berada di unggulan tiga, dan Akane Yamaguchi sebagai unggulan empat . 

Nomor ganda putra juga ada dua wakil Jepang sebagai unggulan. Takeshi Kamura/Keigo Sonoda unggulan kedua, dan Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe unggulan kelima. 

Satu lagi unggulan asal Jepang di Indonesia Open 2019 adalah Yuta Watanabe/Arisa Higashino di nomor ganda campuran. 

Bagaimana dengan Indonesia?

Meski menjadi tuan rumah, sayangnya Indonesia hanya punya 8 unggulan saja di Indonesia Open 2019. Mulai dari Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting di nomor tunggal putra. 

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mendominasi di ganda putra. 

Ganda putri tentunya ada Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan ganda campuran ada Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja. 

Sayangnya di nomor tunggal putri Indonesia tak memiliki unggulan di Indonesia Open 2019.