Liga Indonesia

Termasuk Bali United, Ini 4 Klub yang Sudah Jadi Korban Keputusan Keliru Wasit Liga 1 2019

Senin, 15 Juli 2019 06:25 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Twitter@BaliUTD
Kemelut di depan gawang Barito Putera. Copyright: © Twitter@BaliUTD
Kemelut di depan gawang Barito Putera.

INDOSPORT.COM - Wasit kembali menjadi sorotan dalam kompetisi Shopee Liga 1 2019. Bali United menyayangkan keputusan wasit Iwan Sukoco yang menganulir gol Melvin Platje ke gawang Barito Putera pada laga pekan ke-8 Liga 1 2019, Minggu (14/07/19) kemarin. 

Gol Melvin dianulir karena dianggap sudah dalam posisi off side oleh asisten wasit. Padahal, jika melihat tayangan ulang, tampak posisi Melvin belum off side karena berdiri di depan garis pertahanan Barito. 

Catatan ini seakan menambah panjang klub-klub yang dirugikan oleh keputusan keliru wasit atau pun hakim garis di Liga 1 2019

Sampai pekan ke-8 ini saja sudah ada setidaknya empat klub yang jadi korban. Siapa saja klub-klub itu? Berikut ulasannya. 

Persija Jakarta 

Persija Jakarta menjadi korban dari keputusan wasit Yudi Nurcahya dalam laga kontra PSIS Semarang, Minggu (26/05/19). 

Saat itu wasit Yudi tak memberi mereka penalti di saat pemain PSIS Semarang jelas-jelas melakukan handball di kotak penalti. Pertandingan itu sendiri akhirnya dimenangkan oleh PSIS Semarang dengan skor 2-1. 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Untuk diambil pelajaran wasit Indonesia kedepan nya. Ini jelas handball. Kebenaran jangan diputar putar. Video @indosiar

A post shared by Timnas Indonesia (@garudarevolution) on

Semen Padang

Laga antara PSS Sleman vs Semen Padang juga diwarnai keputusan kontroversial.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo itu, kontroversi terjadi saat wasit Armyn Dwi Suryathin memberikan penalti ke tuan rumah PSS Sleman, ketika Kushedya Hari Yudo terjatuh di kotak penalti. 

Padahal jika dicermati, Kushedya Hari Yudo saat itu terjatuh tanpa adannya kontak berarti dari pemain Semen Padang. Laga itu sendiri berakhir imbang 1-1. 

Bali United

Wasit Iwan Sukoco menganulir gol Bali United saat melawan tuan rumah Barito Putera pada pekan ke-8 Shopee Liga 1 2019, Minggu (14/07/19), di Stadion 17 Mei, Banjarmasin.

Gol pertama Bali United yang dianulir terjadi pada menit ke-46 jelang berakhirnya babak pertama. Gol yang dicetak oleh striker Bali United, Melvin Platje, dinilai wasit telah berada pada posisi off side.

Akan tetapi, jika melihat dari tayangan ulang, Melvin Platje sejatinya terlihat masih berada di belakang garis pertahanan Barito Putera.

Persela Lamongan

Persela Lamongan menjadi klub berikutnya yang jadi korban keputusan keliru wasit. Dalam pertandingan melawan Arema FC pada pekan ke-3 Liga 1 2019, wasit Dwi Susilo menjadi sorotan usai tak mengartumerah bek Arema, Hamka Hamzah. 

Padahal Hamka melakukan tekel dari belakang, saat penyerang Persela Lamongan sudah tinggal berhadapan dengan penjaga gawang.

Keputusan itu pun mendapatkan kritik keras dari pelatih Persela Lamongan kala itu, Aji Santoso, yang merasa wasit telah merusak pertandingan.