Terkuak, Medali Emas Jadi Syarat Alan Budikusuma Menikahi Susy Susanti

Senin, 15 Juli 2019 17:03 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Maharani Adhyarianti/INDOSPORT
Pasangan Olimpiade, Susy Susanti- Alan Budikusuma pada event Fun Badminton di GOR Djarum. Copyright: © Maharani Adhyarianti/INDOSPORT
Pasangan Olimpiade, Susy Susanti- Alan Budikusuma pada event Fun Badminton di GOR Djarum.

INDOSPORT.COM – Pernikahan antara dua mantan pebulutangkis Indonesia, Susy Susanti dan Alan Budikusuma ternyata bukanlah suatu kisah yang terus berjalan mulus. Alan harus melewati rintangan yang sulit untuk dijalani.

Sebelum bisa menikahi Susy Susanti, Alan harus mendapatkan medali emas pada Olimpiade Barcelona 1992 sebagai persyaratan yang diberikan oleh orang tuanya. Syarat itu tentunya bukan perkara yang mudah.

Terlebih lagi, Alan merasa performanya saat itu sedang kurang baik 3-4 bulan ke belakang menjelang Olimpiade 1992.

“Zaman dulu memang berbeda dengan masa sekarang. Dulu saya sempat dilarang berpacaran dengan Susy. Satu-satunya supaya bisa (menikah) ya harus dapat mendali Olimpiade,” ujar Alan.

Prestasi yang diraih mereka, dengan Susy Susanti meraih medali emas di tunggal putri dan Alan mendapat juara 1 di tunggal putra pada Olimpiade Barcelona 1992 membuat mereka mendapat julukan pasangan Olimpiade.

Diketahui bahwa pasangan pebulutangkis Susy Susanti dan Alan Budikusuma sudah menjalin hubungan sejak 1988 dan pada akhirnya memutuskan menikah pada tahun 1997.

Penulis: Maharani Adhyarianti