Hasil Pertandingan Indonesia Open 2019: Tontowi/Winny Gilas Pasangan Thailand

Kamis, 18 Juli 2019 15:30 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Humas PBSI
Pebulutangkis ganda campuran Indonesia, Winny Oktavina Kandow dan Tontowi Ahmad berhasil mengalahkan wakil Thailand di Indonesia Open 2019. Copyright: © Humas PBSI
Pebulutangkis ganda campuran Indonesia, Winny Oktavina Kandow dan Tontowi Ahmad berhasil mengalahkan wakil Thailand di Indonesia Open 2019.

INDOSPORT.COM – Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow berhasil melaju ke babak perempatfinal Indonesia Open 2019 setelah menang atas wakil Thailand, Nipitphon Phuangphuapet/Savitree Amitrapai, Kamis (18/7/19).

Dalam pertandingan yang berlangsung di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Tontowi/Winny berhasil menang mudah dalam pertandingan straight games yang berakhir dengan skor 21-14, 21-18.

Perwakilan ganda campuran terakhir Tanah Air melakoni set pertama dengan penuh percaya diri, dan berhasil unggul lebih dulu 3-0 setelah Savitree kesulitan untuk menghalau serangan dari Tontowi.

Pasangan Tontowi/Winny berhasil memperlebar keunggulan, sebelum akhirnya interval pertama diakhiri dengan skor 11-3 atas Nipitphon/Savitree.

Winny yang merupakan pasangan anyar Tontowi setelah pensiunnya Liliyana Natsir berhasil memberikan smash serangan yang apik, membuat perwakilan Negeri Gajah Putih sempat kesulitan untuk mengejar ketertinggalan 16-5.

Meski sesekali melakukan kesalahan, namun Tontowi/Winny berhasil menyuguhkan skill defense dan kerja sama yang apik atas serangan Nipitphon/Savitree 20-13.

Pasangan Indonesia terus melangkah jauh atas pasangan Thailand dengan memberikan tekanan dengan smash kuat hingga akhirnya menutup set pertama dengan skor 21-14 di pertandingan yang berlangsung selama 14 menit.

Pada set kedua, Tontowi/Winny sempat tertinggal 0-3 dari pasangan Thailand. Namun kesalahan yang telah dibuat berhasil diperbaiki keduanya dengan mengejar ketertinggalan menjadi 5-4, meski sebelumnya jatuhnya shuttlecock diperdebatkan, yang akhirnya memberikan poin kepada Indonesia.

Kejar-kejaran poin pun terjadi, dan interval kedua ditutup dengan keunggulan Tontowi/Winny 11-9. Pasca interval, Tontowi kerap melakukan kesalahan membuat skor sempat imbang 15-15. Set kedua akhirnya ditutup dengan kemenangan Indonesia dengan skor 21-18.

Keberhasilan Tontowi/Winny membuat Indonesia kembali mengirimkan satu perwakilannya di babak perempatfinal Indonesia Open 2019, sekaligus menjadi kado istimewa bagi Tontowi yang tengah berulang tahun.