Hasil Pertandingan Japan Open 2019: Comeback Sengit, Ahsan/Hendra ke Semifinal

Jumat, 26 Juli 2019 13:36 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Twitter@DjarumBadminton
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan melakukan selebrasi. Copyright: © Twitter@DjarumBadminton
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan melakukan selebrasi.

INDOSPORT.COM - Pasangan ganda putra Tanah Air, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berhasil melaju ke babak semifinal Japan Open 2019 usai mengalahkan pasangan Korea Selatan Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol.

Bermain di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, pada Jumat (26/07/19), ganda putra nomor 4 dunia tersebut berhasil menang dalam pertarungan sengit rubber game dengan skor akhir 21-17,19-21,21-19.

Menghadapi wakil Korea Selatan, Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol, runner-up Indonesia Open 2019 tertinggal lebih dulu atas juara bertahan Australia Open dengan skor 1-2.

Sempat tertinggal jauh dengan margin 3 poin, pasangan yang berjuluk The Daddies tersebut akhirnya bangkit dan menyamakan kedudukan menjadi 7-7, sebelum akhirnya berhasil menikung sementara 9-8.

Pasangan Korsel mencoba membuktikan kapasitas mereka dan berhasil menutup interval game pertama dengan skor akhir 11-9 atas ganda putra Tanah Air. Tertinggal 11-12 usai interval, Ahsan/Hendra berhasil berbalik memimpin dengan skor akhir 15-13 atas pasangan Ko/Shin.

Ahsan/Hendra terus melancarkan smes-smes keras ke pertahan Ko/Shin yang lemah dan berhasil membuahkan banyak poin untuk mereka sebelum akhirnya smes super keras Hendra Setiawan ke sisi tengah pertahanan pasangan Korsel mengakhiri pertandingan game pertama dengan skor akhir 21-17.

Memasuki game kedua, pasangan Ko/Shin mencoba menggempur pertahanan Ahsan/Hendra, tetapi kematangan ganda putra Indonesia akhirnya membuat kedudukan imbang 3-3 di menit-menit awal pertandingan game kedua.

Sayang, kesalahan-kesalahan yang dibuat Ahsan/Hendra sukses membuat pasangan Korsel unggul dengan margin 4 angka atas mereka dengan skor 10-6, sebelum akhirnya interval game kedua ditutup dengan skor 11-8 untuk keunggulan Ko/Shin.

Usai interval kedua, Ahsan/Hendra bangkit dan menyamakan kedudukan menjadi 11-11 atas pasangan Korsel, sebelum akhirnya tertikung menjadi 16-18.

Mencoba meredakan keerorran yang mereka buat, Ahsan/Hendra bangkit perlahan mengejar ketertinggalan. Tetapi penampatan bola yang kurang cerdik dari pasangan Hendra/Ahsan membuat mereka akhirnya kalah 19-21 atas pasangan Ko/Shin.

Ogah mengulangi kesalahan, Ahsan/Hendra mencoba mengambil inisiatif menyerang lebih dulu di game ketiga dan berhasil unggul sementara 4-2 atas wakil Korsel. Tidak pantang menyerah, Ko/Shin bangkit untuk menyamakan kedudukan menjadi 5-5.

Juara bertahan Australia Open 2019 akhirnya sukses menikung The Daddies untuk menutup interval game ketiga dengan keunggulan 11-10.

Hendra/Ahsan sempat leading sementara, tetapi kesabaran passangan Korsel membuat mereka lagi-lagi berhasil menikung dengan keunggulan 17-15 atas runner-up Indonesia Open 2019.

Tetapi kematangan dan kekayaan pengalaman yang dimiliki Ahsan/Hendra sekali lagi membuat mereka berhasil menundukkan pasangan Ko/Shin dengan skor akhir 21-19 di game ketiga.

Hasil ini pun membuat mereka berhak melaju ke babak semifinal Japan Open 2019 dan akan menantang Takeshi Kamura/Keigo Sonoda atau Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.