Pebulutangkis Indonesia yang Meraih Titel Terbanyak di Kejuaraan Dunia Bulutangkis

Selasa, 6 Agustus 2019 15:33 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Liliyana Natsir menjadi satu-satunya mantan pebulutangkis Indonesia yang berhasil meraih gelar terbanyak di Kejuaraan Dunia Bulutangkis. Copyright: © INDOSPORT
Liliyana Natsir menjadi satu-satunya mantan pebulutangkis Indonesia yang berhasil meraih gelar terbanyak di Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

INDOSPORT.COM - Kejuaraan Dunia Bulutangkis Bulutangkis 2019 tidak lama lagi akan segera digelar di Basel, Swiss, mulai 19-25 Agustus mendatang.

Di sepanjang bergulirnya Kejuaraan Dunia tersebut, rupa-rupanya pebulutangkis Indonesia inilah yang mampu meraih titel terbanyak sebagai juara dunia.

Pebulutangkis tersebut tak lain dan tak buka adalah mantan pebulutangkis ganda campuran, Liliyana Natsir. Ia tercatat menjadi juara dunia sebanyak 4 kali.

Liliyana berhasil menjadi juara dunia 4 kali di sektor ganda campuran dengan dua pasangan yang berbeda yakni Nova Widianto dan Tontowi Ahmad.

Bersama Widianto, ia berhasil menjadi juara dunia pertama kali di tahun 2005 usai mengalahkan pasangan China, Xie Zhongbo/Zhang Yawen dalam pertandingan rubber game dengan skor akhir 13-15, 15-8, 15-2.

Dua tahun berselang, masih bersama Widianto, Liliyana kembali naik ke podium tertinggi Kejuaraan Dunia setelah mengalah pasangan China, Zheng Bo/Gao Ling dalam pertandingan straight game dengan skor akhir 21-16, 21-14.

Setelah absen cukup panjang, bersama dengan Tontowi Ahmad, Liliyana akhirnya bisa bernapas lega bisa kembali menjadi juara dunia di tahun 2013 usai menumbangkan pasangan China, Xu Chen/Ma Jin dengan skor akhir 21-13, 16-21, 22-20.

Terakhir, sebelum akhirnya memutuskan pensiun, Liliyana sempat kembali mencicipi podium Kejuaraan Dunia pada tahun 2017 bersama Tontowi pasca-mengalahkan pasangan Zheng Siwei/Cheng Qingchen dengan skor 15-21, 21-16, 21-15.