In-depth

Kevin/Marcus Tersingkir, Bagaimana Peluang Ganda Putra Indonesia di Kejuaran Dunia 2019?

Kamis, 22 Agustus 2019 16:49 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kevin Sanjaya/Marcus Gideon secara mengejutkan gagal meraih gelar juara di Kejuaraan Dunia 2019. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kevin Sanjaya/Marcus Gideon secara mengejutkan gagal meraih gelar juara di Kejuaraan Dunia 2019.

INDOSPORT.COM - Setelah Kevin Sanjaya/Marcus Gideon tersingkir di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019, apakah peluang Indonesia meraih gelar juara nomor ganda putra masih terbuka?

Secara mengejutkan pasangan nomor satu dunia yang juga unggulan pertama di sektor ganda putra Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon harus tersingkir dini di putaran kedua.

Kevin Sanjaya/Marcus Gideon menyerah dari pasangan non unggulan asal Korea Selatan,  Choi Oi-gyu dan Seo Seung-jae, 21-16, 14-21 dan 21-23.

Dengan tersingkirnya Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, praktis kini harapan Indonesia untuk meraih gelar di sektor ganda putra Kejuaraan Dunia bulutangkis 2019 kini hanya tertumpu pada Fajar Alfian/Muhammad Rian dan Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Keduannya telah memastikan melaju ke putaran ketiga. Dimana Fajar Alfian/Muhammad Rian akan berhadapan melawan pasangan Malaysia, Goh V Shem/Tan Wee Kiong dan Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan bersua Alexandre Dunn/Adam Hall dari Skotlandia.

Melihat lawan wakil Indonesia itu di putaran ketiga, optimisme masih layak dilambungkan. Setidaknya berbekal dengan catatan di atas kertas, keunggulan head to head.

Fajar Alfian/Muhammad Rian punya keunggulan head to head 2-0 atas Goh V Shem/Tan Wee Kiong. Sementara Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan yang belum pernah bertemu Alexandre Dunn/Adam Hall  sebelumnya, masih pantas diunggulkan dengan peringkat yang jauh terpaut tinggi di ranking BWF.

Jika dua pasangan Indonesia terus melaju, di babak perempatfinal, mereka juga masih layak diunggulkan. Karena di section dimana mereka berada, pesaing lainnya relatif memiliki status unggulan yang tak jauh lebih baik dari mereka.

Namun kewaspadaan harus diusung lebih Fajar Alfian/Muhammad Rian , karena di permepatfinal mereka berpotensi berjumpa penghancur Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, Choi oi-gyu dan Seo Seung-jae. Ataupun pasangan Chinese Taipei yang merupakan unggulan ke-11, Lee-Yang/Wang Chi-lin.

Dibanding Fajar Alfian/Muhammad Rian, harapan memang lebih layak dilambungkan lewat Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Status unggulan ke-4 dan fakta bahwa mereka dua kali sukses menembus final dari tiga turnamen terakhir adalah sesuatu yang tak bisa dipandang sebelah mata.

Yang terpenting kini tinggal bagaimana pasangan berjuluk The Dandies itu bisa fokus di setiap pertandingannya. Jangan sampai memberikan lawan harapan, hingga berujung kejutan selayaknya yang dialami Kevin Sanjaya/Marcus Gideon. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%