'Kutukan' Malaysia Terus Berlanjut di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019

Sabtu, 24 Agustus 2019 16:51 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Arum Kusuma Dewi
© CHALINEE THIRASUPA/AFP/Getty Images
Lee Zii Jia, pebulutangkis Malaysia dari sektor tunggal putra tersingkir di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019. Copyright: © CHALINEE THIRASUPA/AFP/Getty Images
Lee Zii Jia, pebulutangkis Malaysia dari sektor tunggal putra tersingkir di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019.

INDOSPORT.COM - Malaysia harus mengubur impian mereka melihat salah satu wakilnya naik podium tertinggi di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019.

Ya, hal itu terjadi setelah tak ada satu pun wakil Malaysia tersisa di babak semifinal hajatan resmi BWF yang akan digelar pada Jumat (24/08/19). Dua wakil Malaysia di perempatfinal, yakni Lee Zii Jia dan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying masing-masing menderita kekalahan.

Lee Zii Jia kalah atas wakil Jepang sekaligus unggulan nomor 1, Kento Momota dalam pertandingan straight game dengan skor akhir 12-21, 8-21 hanya dalam 37 menit.

Sedangkan pasangan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying juga dikalahkan oleh wakil Jepang unggulan nomor 3, Yuta Watanabe/Arisa Higashino dalam pertandingan rubber game dengan skor akhir 21-18,12-21,11-21.

Kekalahan dua wakil Negeri Jiran tersebut secara otomatis harus memupus impian mereka untuk bisa memetik medali emas di Kejuaraan Dunia Bulutangkis. Sejauh ini, Malaysia memang belum pernah memenangkan satu pun medali emas sejak tahun 1977.

Mereka hanya mampu meraih 8 medali perak dan 12 medali perunggu selama digelarnya kompetisi Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019. Bahkan di era kejayaan Lee Chong Wei dulu, Negeri Jiran juga tak mampu meraih medali emas. Kini, mereka juga harus lebih bersabar untuk bisa meraih medali emas di Kejuaraan Dunia Bulutangkis.