Turnamen Tenis Grand Slam AS Terbuka dalam Angka

Selasa, 27 Agustus 2019 14:47 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT
Logo AS Terbuka. Copyright: © INDOSPORT
Logo AS Terbuka.

INDOSPORT.COM – Turnamen Grand Slam terakhir tahun ini, AS Terbuka 2019, telah digelar sejak Senin (26/08/19) di Billie Jean King National Tennis Center.

Ini merupakan AS Terbuka edisi ke-139. AS Terbuka 2019 menjadi kesempatan bagi petenis dunia untuk mengejar rekor di ajang Grand Salam yang masih dipegang Roger Federer dengan 20 gelar juara.

Novak Djokovic selaku juara bertahan mengejar misi juara demi mendekati rekor 18 gelar Grand Salam yang dimiliki Rafael Nadal.

“Saya sadar dengan torehan Grand Slam yang saya miliki. Saya tidak bisa menghindar dari komentar orang. Saya terus dibandingkan, tapi perjalanan masih panjang,” ujar Djokovic dilansir dari laman resmi ATP.

Djokovic sejauh ini telah mengoleksi 16 Grand Slam alias dua gelar lagi untuk mengejar perolehan trofi Nadal. Persaingan perolehan juara menjadi bumbu menarik di AS Terbuka 2019.

Selain itu, terdapat pula catatan-catatan menarik yang terangkum dalam angka-angka. Berikut portal berita olahraga INDOSPORT merangkumnya untuk Anda.

Total Hadiah

AS Terbuka 2019 menyediakan total hadiah sebanyak 57 juta dolar AS atau setara dengan Rp798 miliar untuk berbagai kategori, dari single, double, junior, sampai wheelchair.

Hadiah untuk juara single pria dan wanita mencapai 3,85 juta dolar AS (setara Rp53,9 miliar), sementara untuk runner up memperoleh hadiah senilai 1,9 juta dolar AS (setara Rp26,5 miliar).

Venue

Ada tiga venue dalam penyelenggaraan AS Terbuka, yakni Arthur Ashe Stadium, Louis Armstrong Stadium, dan Grandstand.

Nama Arthur Ashe Stadium yang memiliki kapasitas 23.771 penonton diambil dari Arthur Ashe yang meraih juara inaugurasi AS Terbuka 1968, Australia Terbuka 2970, dan Wimbledon 1975.

Sementara itu, Louis Armstrong Stadium yang berkapasitas 14.053 baru dibuka kembali pada AS Terbuka 2018 lalu. Venue ini punya atap yang bisa dibuka-tutup dan merupakan yang terbesar kedua sebagai venue ajang Grand Slam.

Unggulan

Di nomor tunggal putra, Novak Djokovic selaku juara bertahan berada di posisi unggulan pertama. Rafael Nadal menempati unggulan kedua, sementara Roger Federer ketiga.

Di sektor tunggal putri, unggulan pertama ditempati Naomi Osaka selaku juara bertahan. Ash Barty berada di unggulan kedua, sementara Karolina Pliskova ketiga.

Rekor Juara

Rekor juara terbanyak AS Terbuka terbagi dalam dua era, sebelum 1968 dan setelahnya (open era). Di nomor tunggal putra, Roger Federer, Pete Sampras, dan Jimmy Connors memengang rekor juara terbanyak di open era dengan 5 gelar.

Di sektor tunggal putri, dua petenis Amerika Serikat, Serena Williams dan Chris Evert, memengang rekor juara terbanyak di open era dengan 6 gelar.

Tertua dan Termuda

Juara AS Terbuka termuda di tunggal putra diraih Pete Sampras (1990) di usia 19 tahun 28 hari, sedangkan tunggal putri diraih Tracy Austin (1979) di usia 16 tahun 8 bulan 28 hari.

Juara AS Terbuka tertua di tunggal putra dipegang William Larned (1911) di usia 38 tahun 8 bulan 3 hari, sedangkan tunggul putri diraih Molla Mallory (1926) di usia 42 tahun 5 bulan 27 hari.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%