Apa Kabar Mantan Pasangan yang Pernah Dampingi Tontowi Ahmad?

Sabtu, 31 Agustus 2019 18:39 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Jauh sebelum begitu hebat bersama Liliyana Natsir, karier Tontowi Ahmad pernah ditemani oleh sejumlah pebulutangkis yang menjadi pasangannya. Copyright: © INDOSPORT/Herry Ibrahim
Jauh sebelum begitu hebat bersama Liliyana Natsir, karier Tontowi Ahmad pernah ditemani oleh sejumlah pebulutangkis yang menjadi pasangannya.

INDOSPORT.COM - Jauh sebelum begitu hebat bersama Liliyana Natsir, karier Tontowi Ahmad pernah ditemani oleh sejumlah pebulutangkis yang menjadi pasangannya.

Ya, Tontowi Ahmad perlahan tapi pasti mampu menapaki karier gemilang di jagat bulutangkis dunia. Sejak berpasangan dengan Liliyana Natsir, nama Tontowi Ahmad mulai disegani sebagai pebulutangkis elite berkualitas top.

Bersama dengan Liliyana Natsir, Tontowi sukses menjadi juara dunia sebanyak dua kali di tahun 2013 dan 2017. Tak hanya sukses meraih gelar juara dunia, bersama Liliyana, ia juga berhasil mencetak sejarah di Olimpiade Rio 2016 dengan meraih medali emas.

Tetapi setelah Liliyana Natsir mengundurkan diri dari dunia tepok bulu, Tontowi kini belum lagi mencetak prestasi semenjak berpasangan dengan Winny Oktavina Kandow.

Namun jauh sebelum bersama Liliyana Natsir,dahulu Tontowi ternyata pernah berpasangan dengan sejumlah pebulutangkis lain. Siapa saja dan apa kabarnya para mantan pasangan Tontowi tersebut?

Shendy Puspa Irawati

© badmintonindonesia.org
Mantan pebulutangkis Indonesia, Shendy Puspa Irawati. Copyright: badmintonindonesia.orgMantan pebulutangkis Indonesia, Shendy Puspa Irawati.

Siapa sangka kalau pada tahun 2008, Tontowi Ahmad pernah dipasangkan dengan Shendy Puspa Irawati? Tak hanya itu, bahkan pada tahun itu pula, Tontowi bersama Shendy sukses meraih gelar Vietnam Open 2008 usai mengalahkan pasangan Singapura, Riky Widianto/Vanessa Neo Yu Yan di partai final.

Sayangnya, waktu bermain mereka tidak begitu lama, sebab di tahun berikutnya, Tontowi sudah kembali berganti pasangan. Setelah tak lagi berpasangan dengan Tontowi, Shendy sempat berpasangan dengan Fran Kurniawan dan mencapai ranking tertinggi di ranking 9 dunia.

Namun kini, di usianya yang menginjak 32 tahun, Shendy sepertinya sudah tak lagi aktif sebagai pemain dan telah menikmati perannya sebagai seorang pelatih sebuah klub bulutangkis, seperti yang selalu dipostingnya di akun sosial media miliknya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Shendy P I (@shendy2087) on


Richi Puspita Dili

© bulutangkis.com
Mantan pebulutangkis Indonesia, Richi Puspita Dili. Copyright: bulutangkis.comMantan pebulutangkis Indonesia, Richi Puspita Dili.

Tahun 2009, Tontowi kembali berganti pasangan dan berpasangan dengan Richi Puspita Dili. Bersama dengan Richi, ia juga berhasil menorehkan prestasi dengan meraih gelar juara di Vietnamen International Challenge pada tahun 2009 usai mengalahkan rekan senegara, Fran Kurniawan/Pia Zebadiah di partai final.

Tahun 2016, Richi masih aktif sebagai pebulutangkis dan bahkan ia sempat memenangkan beberapa turnamen bulutangkis internasional dengan Riki Widianto, tetapi saat ini, Richi sudah memilih hiatus dari dunia tepok bulu dan lebih fokus pada keluarga kecilnya bersama dengan Ahmad Hendro.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by richi puspita dili (@rpdili) on