Menelusuri Nasib Pebulutangkis Indonesia Jenna Gozali yang Pilih Mengabdi ke Amerika Serikat

Minggu, 1 September 2019 19:03 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Lanjar Wiratri
© alchetron.com
Mantan pebulu tangkis Indonesia di sektor ganda, Jenna Gozali. Copyright: © alchetron.com
Mantan pebulu tangkis Indonesia di sektor ganda, Jenna Gozali.

INDOSPORT.COM - Jenna Gozali, mantan pebulutangkis Indonesia yang kini resmi bertukar kewarganegaraan dan lebih memilih mengabdi untuk Amerika Serikat. Bagaimana nasib Jenna Gozali kini?

Sekadar informasi, Jenna Gozali dulunya merupakan pebulutangkis Indonesia yang menjadi spesialis di sektor ganda dan pada tahun 2015, ia resmi pindah ke Amerikat dan tepatnya di tahun 2018, akhirnya ia mengabdi untuk Negeri Paman Sam.

Ada banyak alasan yang membuatnya memutuskan hijrah ke Amerika Serikat, salah satu di antaranya yaitu karena ingin mencari suasana baru dan menyebut jika mendapat penghargaan yang lebih baik di sana.

Setelah resmi pindah ke Amerika Serikat, Jenna pun tinggal di South San Fransisco, California, dan menjadi salah satu pelatih di Bay Badminton Center.

Setelah resmi membela Amerika Serikat pada tahun 2018, ia memulai kariernya di turnamen USA International Series berpasangan dengan David Yedija Pohan dan meraih gelar juara di turnamen tersebut.

Lantas bagaimana jejak karier Jenna Gozali semasa di Indonesia?

Jenna Gozali yang lahir di Surabaya, Jawa Timur pada 24 Maret 1990 sudah mulai terjun di dunia tepok bulu sejak usianya menginjak 5 tahun.

Di tahun 206, ia pun bergabung dengan klub PB Djarum dan berhasil menjuarai turnamen nasional di sektor tunggal putri.

Debutnya di turnamen Internasonal cukup berjalan sukses setelah ia menjadi semifinalis di nomor tunggal dan ganda putri pada Laos Future Series 2008.

Sebelum akhirnya di tahun 2009, ia akhirnya naik di podium tertinggi kompetisi Auckland International Series di sektor ganda putri hingga akhirnya terpilih masuk ke Pelatnas pada tahun 2010 dan menjadi pemain spesialis ganda.

Ada banyak pemain yang pernah dipasangkan dengannya, sebut saja Aprilsasi Putri Lejarsar Variella, Komala Dewi, dan Suci Rizky Andini di sektor ganda putri, tetapi di ganda campuran ia berpasangan dengan Riky Widianto.

Prestasi terbaiknya yang pernah diraihnya yaitu meraih runner-up pada turnamen Grand Prix Gold Syed Modi International di India saat berpasangan dengan Komala Dewi.

Sayang, pada tahun 2013 ia mengalami cedera lutut parah yang membuatnya harus terdegradasi dari Pelatnas Cipayung hingga akhirnya ia memutuskan hijrah ke Amerika Serikat di tahun 2015.

Kabar Terkini

Jenna Gozali sampai saat ini masih aktif bermain bulutangkis. Turnamen terakhir yang diikutinya adalah US Open 2019 berpasangan dengan Megumi Taruno di ganda putri.

Tetapi di turnamen itu, ia hanya sukses mencapai babak perempatfinal, setelah kalah dari pasangan Korea Selatan, Baek Ha-na/Jung Kyung-eun dengan skor akhir 10-21, 7-21.

Di ranking dunia saat ini, Jenna Gozali menempati ranking 244 dunia di ganda putri dan ranking 531 dunia di sektor ganda campuran.