In-depth

Menakar Peluang Ganda Putri Indonesia di Chinese Taipei Open 2019: Saatnya Berjaya?

Senin, 2 September 2019 12:13 WIB
Editor: Coro Mountana
© Mark Phelan/Badminton Photo
Ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu juara India Open 2019, Minggu (31/03/19). Copyright: © Mark Phelan/Badminton Photo
Ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu juara India Open 2019, Minggu (31/03/19).

INDOSPORT.COM – Jelang dimulainya ajang bulutangkis bergengsi, Chinese Taipei Open 2019 yang akan digelar sejak 3 hingga 8 September, bagaimana peluang dari sektor ganda putri?

Dalam ajang badminton super 300 tersebut, sektor ganda putri akan diikuti 5 wakil asal Indonesia nantinya.

Mereka adalah Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Della Destria Haris/Rizki Amelia, Anggia Shitta/Pia Zebadiah, Siti Fadia/Ribka Sugiarto, dan Ni Ketut Mahadewi/Tania Oktaviani.

Dari 5 wakil tersebut, Indonesia memiliki unggulan yaitu Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang memang berperingkat paling tinggi. Bahkan Greysia Polii/Apriyani Rahayu merupakan unggulan pertama di ajang Chinese Open 2019.

Atas dasar itu, Greysia Polii/Apriyani Rahayu seharusnya bisa menggondol gelar juara bagi Indonesia berkat statusnya sebagai unggulan pertama.

Mungkin satu-satunya lawan yang bisa menghambat laju Greysia Polii/Apriyani Rahayu hanya Lee So-hee/Shin Seung-chan.

Pasangan Korea Selatan itu merupakan unggulan kedua dan kemungkinan besar akan bertemu Greysia Polii/Apriyani Rahayu pada partai puncak. Dari sisi head to head, sejatinya Greysia Polii/Apriyani Rahayu masih unggul 3-1.

Namun di pertemuan terakhir, Greysia Polii/Apriyani Rahayu justru kalah dari Lee So-hee/Shin Seung-chan di ajang China Open 2018. Saat itu, Greysia Polii/Apriyani Rahayu kalah 17-21, 21-17, dan 18-21 dalam permainan rubber game.

Dengan kata lain peluang Greysia Polii/Apriyani Rahayu untuk mencuri gelar di Chinese Taipei Open 2019 cukup terbuka lebar. Hanya saja Greysia Polii/Apriyani Rahayu perlu berhati-hati dengan pasangan Korea Selatan, Lee So-hee/Shin Seung-chan.

Lantas bagaimana dengan 4 wakil yang lain? Della Destria Haris/Rizki Amelia andai mampu melaju ke babak kedua, mereka akan bertemu dengan seniornya, Greysia Polli/Apriyani Rahayu. Setali tiga uang, Anggia Shitta/Pia Zebadiah juga kemungkinan bakal terhambat di 8 besar.

Hal itu dikarenakan ada Greysia Polii/Apriyani Rahayu bakal ada untuk menghadang mereka di perempatfinal.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu baru saja merampungkan babak semifinal Indonesia Masters 2019 pada Sabtu (26/1/2019). Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTGanda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu baru saja merampungkan babak semifinal Indonesia Masters 2019 pada Sabtu (26/1/2019).

Sementara dua wakil sisa, Siti Fadia/Ribka Sugiarto dan Ni Ketut Mahadewi/Tania Oktaviani juga mungkin akan terhambat oleh Lee So-hee/Shin Seung-chan yang merupakan unggulan kedua turnamen.

Kesimpulannya, keempat wakil Indonesia lain di ganda putri bisa saja melangkah jauh dan membuat kejutan, hanya saja perlu kerja keras karena Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan Lee So-hee/Shing Seung-chan merupakan lawan yang sangat tangguh.