Siapa Orang Eropa Pertama yang Bisa Curi Gelar Juara di China Open?

Sabtu, 14 September 2019 19:29 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Ivan Reinhard Manurung
©
Thomas Lund, orang Denmark pertama yang berhasil meraih gelar juara dalam ajang China Open. Copyright: ©
Thomas Lund, orang Denmark pertama yang berhasil meraih gelar juara dalam ajang China Open.

INDOSPORT.COM - Kejuaraan bulutangkis China Open memang jarang dimenangi oleh partisipan dari luar Asia. Namun, ada satu wakil dari Eropa yang mampu 'mencuri' gelar juara di China Open untuk pertama kalinya.

Kejuaraan China Open adalah ajang bulutangkis tahunan yang diselenggarakan di China. Kompetisi ini merupakan bagian dari turnamen Super Series yang dibentuk pada 2007 yang lalu.

Sejak pertama kali digelar pada 1986 sampai 2018, kompetisi ini sudah dilaksanakan sebanyak 32 kali. Namun, sangat jarang ada negara lain di luar Asia yang menjadi juara. Medali emas China Open hanya didominasi oleh Indonesia, Korea Selatan, dan China sendiri.

Akan tetapi pada edisi 1994, satu negara dari Eropa yaitu Denmark, berhasil membuat kejutan dengan menjuarai China Open. Denmark mampu keluar sebagai juara di sektor ganda campuran.

Adalah Thomas Lund dan Marlene Thomsen yang tergabung ke dalam ganda campuran dari Denmark. Saat itu, mereka mampu mengalahkan wakil dari Swedia, yaitu Jan-Eric Antonsson/Astrid Crabo dengan skor telak 15-4 dan 15-9.

Thomas Lund memang telah banyak meraih gelar juara di sektor ganda campuran, yaitu Kejuaraan Dunia (dua kali), Kejuaraan Eropa (dua kali), serta Kejuaraan Terbuka (Open Championships), yaitu World Grand Prix (lima kali), Indonesia Open (satu kali), Singapore Open (tiga kali), Korea Open (tiga kali), All England Open (tiga kali), dan Swiss Open (tiga kali).

Sementara itu, Marlen juga telah meraih banyak gelar, seperti Kejuaraan Dunia Bulutangkis (satu kali), Kejuaraan Eropa (dua kali), World Grand Prix (satu kali), Singapore Open (satu kali), Swiss Open (dua kali), Korea Open (satu kali), All England (satu kali), dan Denmark Open (tiga kali).

Sekarang ini, mereka berdua telah pensiun sebagai atlet bulutangkis. Thomas Lund sendiri telah menjadi sekretaris kehormatan BWF.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
33%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
33%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
33%