Usia Sudah Kepala 3, Hendra Setiawan Rasakan Perubahan Kondisi Tubuh

Jumat, 20 September 2019 13:48 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Hendra Setiawan mengungkap perubahan apa saja yang terjadi ketika kini sudah menginjak usia kepala 3. Herry Ibrahim/INDOSPORT. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Hendra Setiawan mengungkap perubahan apa saja yang terjadi ketika kini sudah menginjak usia kepala 3. Herry Ibrahim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Pebulutangkis ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan, membeberkan perbedaan performa yang dirasakannya saat usianya sudah mencapai 35 tahun.

Hendra Setiawan mengatakan usianya sudah masuk dalam kategori tua jika dibandingkan atlet maupun pebulutangkis lainnya di Indonesia.

"Saya sudah 35 tahun, untuk ukurang atlet di Indonesia, umur segini udah dianggap tua. Cuma kalau di Eropa umur segini masih biasa," ujar Hendra kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT.

Dengan bertambahnya usia, pebulutangkis asal Jawa Tengah itu mengaku ada sejumlah perbedaan performa yang dirasakan. Salah satunya adalah melambatnya proses pemulihan stamina.

"Kalau menurut saya recovery-nya lebih lambat. Jadi istilahnya dahulu latihan pagi capek, tidur siang, sore sudah siap lagi," kata Hendra Setiawan.

"Kalau sekarang pagi capek, tidur siang, sorenya sakit-sakit badannya. Itu jadi lebih lambat recovery-nya," sambungnya lagi.

Selain itu, Hendra Setiawan mengatakan speed-nya juga sudah mulai berkurang. Itu sebabnya Hendra sering kewalahan jika berhadapan dengan pemain muda.

Meski demikian, Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan masih menjadi pebulutangkis ganda putra yang berbahaya bagi lawan-lawannya di lapangan.

Buktinya, pasangan berjuluk The Daddies itu sukses menyabet gelar juara di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019. Pada waktu itu, mereka mengalahkan pasangan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%