Tarik Wakilnya dari Korea Open, PBSI-nya Malaysia: Itu Buat Pelajaran!

Rabu, 25 September 2019 15:47 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© WANG ZHAO/AFP/Getty Images
Goh Soon Huat (kanan) dan Lai Shevon Jemie, ganda campuran asal Malaysia tak ikuti ajang Korea Open 2019. Copyright: © WANG ZHAO/AFP/Getty Images
Goh Soon Huat (kanan) dan Lai Shevon Jemie, ganda campuran asal Malaysia tak ikuti ajang Korea Open 2019.

INDOSPORT.COM – Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) menyoroti performa buruk para atletnya usai menarik pasangan ganda campuran Goh Soon Huat/Shevon Lai dari ajang Korea Open 2019.

Duet Goh Soon Huat/Shevon Lai absen dari Asian Badminton Championship (April) dan Australia Open (Juni) tahun ini dikarenakan cedera hamstring yang diderita Son Huat.

Menyusul dua turnamen tersebut, Goh Soon Huat/Shevon Lai juga ditarik oleh BAM dari ajang Korea Open. Penarikan ini jelas jadi pukulan besar mereka yang berambisi meraih tiket Kualifikasi Olimpiade Tokyo.

Meski pasangan berperingkat 11 dunia sudah menyatakan keberatan, namun BAM menegaskan tidak akan membatalkan keputusan karena bisa menjadi pelajaran untuk wakil lainnya yang masih tampil buruk.

“Keputusan untuk menarik mereka (Soon Huat/Shevon) bukan hal yang baru. Bahkan, ini diputuskan sebelum mereka bermain di China Open baru-baru ini,” kata sekretatis jenderal BAM, Datuk Kenny Goh, yang merangkap Ketua Komite Pelatihan, dilansir dari laman berita olahraga New Straits Times.

“Kami ingin ini menjadi pelajaran yang kuat untuk semua atlet yang berkinerja buruk bahwa BAM benar-benar serius,” lanjut Kenny.

Penarikan juara Singapore Open 2018 itu sejatinya dilakukan oleh BAM karena melihat performa buruk mereka. selain itu, mereka juga gagal di putaran awal dalam tiga turnamen berturut-turut, yakni Japan Open, Thailand Open dan Kejuaraan Dunia di Basel Swiss.

Perlu diketahui, masing-masing negara hanya boleh mengirim dua wakilnya di nomor tunggal dan ganda di Olimpiade Tokyo asalkan keduanya berhasil menduduki delapan teratas pada akhir periode kualifikasi satu tahun yang akan berakhir Mei 2020 mendatang.

Tidak hanya Soon Huat/Shevon, pasangan Malaysia lainnya yang juga memperebutkan tempat di Olimpiade yakni ganda campuran Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dan Tan Kian Meng/Lai Pei Jing.

Menurut daftar Race to Tokyo saat ini, Peng Soon/Liu Ying menududuki peringkat ketiga, disusul oleh Kian Meng/Pei Jing di urutan ke-12 dan Soon Huat/Shevon di urutan ke-21

Dengan mundurnya Soon Huat/Shevon dari Korea Open, secara otomatis mereka kehilangan tempat di 8 besar dalam peringkat BWF World Tour.

Sementara itu, wakil Malaysia lainnya, ganda putra Aaron Chia/Soh Wooi Yik baru saja disingkirkan dari Korea Open usai takluk dari unggulan pertama Marcus Gideon Fernaldi/Kevin Sanjaya Sukamuljo dengan skor 20-22, 21-10, 21-13.