Ditarik dari Korea Open 2019, Wakil Malaysia Ini Sakit Hati

Rabu, 25 September 2019 13:08 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© WANG ZHAO/AFP/Getty Images
Goh Soon Huat (kanan) dan Lai Shevon Jemie, ganda campuran asal Malaysia Copyright: © WANG ZHAO/AFP/Getty Images
Goh Soon Huat (kanan) dan Lai Shevon Jemie, ganda campuran asal Malaysia

INDOSPORT.COM - Wakil ganda campuran Malaysia, Goh Soon Huat/Shevon Lai Jemie, mengungkapkan rasa kecewa dengan keputusan PBSI-nya Malaysia, yakni Badminton Association of Malaysia (BAM) yang tak mengizinkan mereka main di kejuaraan Korea Open 2019.

Kejuaraan bulutangkis Korea Open 2019, yang merupakan seri ke-19 BWF World Tour, baru saja dimulai, yaitu pada 24 September 2019. Kompetisi ini diselenggarakan di Incheon Airport Skydome, Incheon, Korea Selatan. 

Seperti pada kejuaraan bulutangkis yang lain, Malaysia juga mengirim beberapa wakil mereka di sektor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Namun ternyata, ada satu wakil yang justru ditarik keluar dari perhelatan tersebut.

Melansir dari laman portal berita olahraga The Star, wakil yang ditarik oleh BAM tersebut adalah pasangan ganda campuran yang bernama Goh Soon Huat dan Shevon Lai Jemie. Keputusan tersebut ternyata membuat mereka sakit hati.

"Kami sudah tahu tentang hal ini sebelum China Open. Kami sakit hati karena hal ini membuat kami tidak punya kesempatan untuk mengamankan peluang di kualifikasi Olimpiade Tokyo. Namun, keputusan sudah dibuat dan pihak manajemen pasti punya alasan sendiri. Kami hanya bisa menerimanya," ujar Shevon.

"Kami tidak akan berlarut-larut dalam situasi ini dan kami harus memanfaatkan waktu dengan baik. Dengan tidak ikut di kompetisi Asian Badminton Championships, Australia Open, dan Korea Open, kami jadi punya waktu untuk menghadapi kompetisi lain," lanjutnya.

Goh Soon Huat dan Shevon Lai Jemie terakhir kali menjuarai kompetisi bulutangkis adalah pada 2018 yang lalu, dimana mereka menang melawan pasangan Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dengan skor 21-19, 21-18 di Singapura Open 2018.

Selain itu, mereka juga menjadi juara di Jerman Open 2018 dengan menaklukkan pasangan asal Denmark, Niclas Nohr/Sara Thygesen dengan skor 21-14, 22-20. Saat ini, pasangan ganda campuran Malaysia itu sama-sama menempati peringkat delapan BWF.

Sementara itu, Indonesia masih memiliki wakil yang bisa diandalkan di Korea Open, yaitu Anthony Sinisuka Ginting, Jonathan Christie, Fitriani, Gregoria Mariska Tunjung, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, dan lain-lain.