Kisah Tragis Juara French Open yang Ditinggal Mati Pasangannya karena Serangan Jantung

Selasa, 15 Oktober 2019 13:42 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasao | Editor: Lanjar Wiratri
© AFP Photo/ADEK BERRY
Ada kisah tragis yang menimpa pasangan ganda putra Korea Selatan yang juga sempat memenangkan French Open 2011 lalu, Lee Yong-dae/Jung Jae-sung. Copyright: © AFP Photo/ADEK BERRY
Ada kisah tragis yang menimpa pasangan ganda putra Korea Selatan yang juga sempat memenangkan French Open 2011 lalu, Lee Yong-dae/Jung Jae-sung.

INDOSPORT.COM - Pasangan ganda putra Korea Selatan, Lee Yong-dae/Jung Jae-sung  sempat menjadi juara French Open 2011 lalu. Sayang ternyata ada kejadian tragis yang terjadi usai usaha mereka memangkan kejuaraan itu.

Hal ini dikarenakan Jung yang harus meregang nyawa pada tahun 2018 lalu. Padahal dirinya telah menjadi tandem sempurna bagi Lee dalam beberapa kompetisi bulutangkis dunia.

Dipasangkan dengan Jung pada tahun 2006, Lee mampu tampil apik mewakili Negara Ginseng dalam berbagai kejuaraan dunia bulutangkis. Berbagai gelar mulai dari Korea Open 2006, Thailand Open 2011, All England Open 2012, dan tentu saja French Open 2011.

Pada turnamen French Open 2011 yang berlangsung di Prancis, duet Lee/Jung berhasil mengalahkan unggulan China, Cai Yun/Fui Haifeng dengan susah payah. Meskipun begitu ganda unggulan Korsel ini berhasil menang dengan skor rubber 14-21, 21-15, 21-11.

Salah satu momen paling bersejarah mereka ialah ketika mereka berhasil menang melawan ganda putra legendaris Indonesia, Alvent Yulianto Chandra/Hendra Aprida Gunawan di Malaysia Open 2009. Lewat perlawanan sengit Lee/Jung mampu menang dengan skor rubber 18-21, 21-14, 21-14.

Keberhasilan mereka merebut medali perunggu di Olimpiade London 2012 menjadi perjalanan akhir kebersamaan antara keduanya. Dilansir laman Badzine, Jung memutuskan untuk menjadi pelatih khusus generasi muda Korea Selatan usai mundur dari timnas bulutangkis.

Sayangnya sang legenda bulutangkis kini telah tiada ketika menginjak usia 35 tahun karena serangan jantung. Kehilangan sosok Jung sempat membuat seluruh jagat dunia bulutangkis berduka karena kontribusinya yang besar.

Lee selaku mantan rekannya pun secara khusus memberikan penghormatan yang layak bagi Jung. Pemakaman Jung sendiri dilangsungkan di Suwon, dekat ibukota Seoul, Korea Selatan pada bulan Maret 2018 lalu.      

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%