Sosok Ini Sudah Tahu Leo/Daniel Bakal Juara Dunia Sejak 4 Tahun yang Lalu

Rabu, 16 Oktober 2019 05:29 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Dok. Pribadi Ade Lukas
Potret kebersamaan Ade Lukas, pelatih klub PB Djarum bersama pasangan ganda putra muda Indonesia yang sempat menjadi anak asuhannya, Leo Rolly/Daniel Marthin Copyright: © Dok. Pribadi Ade Lukas
Potret kebersamaan Ade Lukas, pelatih klub PB Djarum bersama pasangan ganda putra muda Indonesia yang sempat menjadi anak asuhannya, Leo Rolly/Daniel Marthin

INDOSPORT.COM - Pada Minggu (13/10/19), pasangan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin berhasil membawa Indonesia sebagai juara sektor ganda putra Kejuaran Dunia Badminton Junior 2019 di Kazan Gymnasium Center, Rusia.

Mendengar kabar bahagia ini, Ade Lukas, pelatih yang pertama kali memasangkan Leo dan Daniel menjadi satu tim saat masih berada di klub PB Djarum pun mengaku sangat bangga. 

Kepada INDOSPORT, pelatih yang kerap disapa Koh Lukas ini pun mengungkapkan rasa bahagianya terhadap pencapaian anak asuhnya itu di Kejuaraan Dunia Junior Bulutangkis 2019.

"Saya adalah pelatih yang dipercaya PB Djarum untuk memegang mereka dulu. Melihat ini, saya bangga dan senang banget, ini adalah impian saya yang jadi kenyataan," ujar Lukas kepada INDOSPORT dengan sumringah, Senin (14/10/19) kemarin.

"Pencapaian tertinggi seorang pelatih level junior adalah saat pemain yang diasuhnya berhasil memenangkan turnamen Juara Dunia Bulutangkis Junior. Nah, sekarang Juara Dunia Junior 2019 itu anak asuh saya," ucapnya bangga.

Namun siapa sangka, ternyata kemenangan ini sudah diperkirakan oleh Lukas sejak empat tahun yang lalu atau tepatnya 2015. Bagaimana ceritanya?

"Iya, sejak pertama kali lihat mereka berdua, saya sudah punya perasaan mereka akan cocok jika dipasangkan sebagai tim," kenang Lukas.

"Saya mempertemukan mereka itu sekitar 4 tahun yang lalu, saat menangani mereka saya yakin bahwa mereka bisa jadi sesuatu yang besar di level junior. Saya nggak nyangka Leo/Daniel benar-benar membuktikan itu," ungkapnya.

Namun Lukas menyebutkan, ia tidak pernah memberitahukan prediksinya tersebut kepada Leo/Daniel. Hal tersebut bertujuan agar mereka tetap bisa berlatih dengan semangat dan tidak menjadi sombong.

"Saya tapi tidak pernah bilang apa-apa ke mereka, cuma berkata dalam hati saja. Saya melihat dari individu mereka masing-masing dan cara latihannya, mereka adalah calon juara dunia. Eh benar saja," tutur mantan pasangan Sigit Budiarto ini.

Lukas berharap, semoga ini baru awal dari kesuksesan karier Leo/Daniel. Ia pun sempat memberikan pesan kepada mantan anak asuhnya tersebut.

"Jangan cepat puas dengan apa yang sudah diraih sekarang, harus lebih gigih lagi latihannya. Selanjutnya, semoga mereka bisa ikuti jejak para seniornya di PB Djarum dan bisa menyamai prestasinya mulai jadi juara dunia, All-England, hingga olimpiade," pungkasnya.

Usai menjuarai nomor ganda putra Kejuaraan Dunia Junior Bulutangkis 2019, Leo Rolly/Daniel Marthin juga mengucapkan terima kasih kepada klub yang membina mereka, yakni PB Djarum. Bahkan mereka tak segan berfoto dengan logo klub.