Peluang Juara Tunggal Putra di French Open 2019: Akhiri Catatan Buruk?

Jumat, 18 Oktober 2019 21:36 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
Dua pemain bulutangkis Indonesia, Jonatan Christie dan Anthony Ginting yang akan bertarung di French Open 2019. Copyright: © INDOSPORT
Dua pemain bulutangkis Indonesia, Jonatan Christie dan Anthony Ginting yang akan bertarung di French Open 2019.

INDOSPORT.COM - Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting akan kembali menjadi harapan Indonesia meraih gelar juara di turnamen bulutangkis French Open 2019.

Indonesia kembali akan diwakili empat tunggal putra terbaiknya di lanjutan BWF World Tour, French Open 2019 yang akan dimulai pada 22 Oktober 2019. Mereka adalah Tommy Sugiarto, Shesar Rhustavito, dan dua unggulan Jonatan Christie serta Anthony Sinisuka Ginting .

Tanpa bermaksud pesimistis, melihat capaian keempatnya di beberapa turnamen terakhir, memang rasannya berat untuk bisa melihat salah satu di antara mereka pulang dari French Open 2019 dengan gelar juara.

Namun bukan berati tak mungkin, karena jika melihat bagan turnamen kategori tunggal putra French Open 2019, Indonesia memiliki peluang, setidaknya lewat Jonatan Christie yang masuk dalam bagan pool 3.

Di pool itu, Jonatan Christie hanya akan diadang peringkat 21 dunia, Jan O Jorgensen, yang dalam empat pertemuan terakhir selalu bisa dikalahkannya.

Melihat catatan di beberapa turnamen terakhir, pertandingan melawan Jorgensen tersebut menjadi krusial. Karena dalam beberapa turnamen sebelumnya, wakil-wakil tunggal putra Indonesia kerap tersisih di fase awal dari lawan yang relatif ada di bawah mereka.

Jika bisa lolos dari jeratan Jorgensen, Jonatan Christie kemungkinan baru akan menghadapi lawan sepadan Anders Antonsen di babak perempatfinal dan Chou Tien Chen di babak semifinal.

Jika melihat catatan head to head, di mana Jonatan Christie unggul 6-2 dari Chou Tien-Chen, maka besar kemungkinan babak final bisa ditembus pria yang akrab disapa Jojo itu. Untuk kemudian menghadapi lawan, yang kemungkinan besar adalah Kento Momota

Anthony Sinisuka Ginting

Sementara Anthony Sinisuka Ginting yang sedang mengalami penurunan, justru sudah harus menghadapi lawan berat pemain muda Malaysia Lee Zii Jia di putaran pertama.

Jika mampu menjaga permainan dalam kondisi terbaik, Anthony Sinisuka Ginting kemungkinan besar akan mudah melewati Le Zii Jia. Namun jika itu terjadi, Anthony Sinisuka Ginting sudah akan diadang unggulan pertama Kento Momota di babak perempatfinal.

Dengan catatan tak pernah menang di enam pertemuan terakhirnya melawan wakil Jepang itu, memang akan menjadi sangat kecil peluang Anthony Sinisuka Ginting untuk melaju ke babak selanjutnya.

Untuk itu, target perempatfinal adalah target paling realistis seorang Anthony Sinisuka Ginting di French Open 2019 dalam kondisinya yang sedang terpuruk di beberapa turnamen terakhir.

Tanpa mengecilkan kualitas Tommy Sugiarto dan Shesar Rhustavito yang berada satu pool dengan unggulan kedua Shi Yuqi. Bisa lolos dari putaran kedua French Open 2019 akan menjadi sebuah kejutan tersendiri, yang layak diberikan apresiasi andai itu terjadi nanti.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
33%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
67%