Sosok 'Pasangan Emas Olimpiade' Susy Susanti dan Alan Budikusuma di Mata Ardy B. Wiranata

Kamis, 24 Oktober 2019 07:20 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Isman Fadil
© Shintya Maharani/INDOSPORT
Susy Susanti dan Alan Budikusuma, tokoh legendaris bulutangkis Indonesia. Copyright: © Shintya Maharani/INDOSPORT
Susy Susanti dan Alan Budikusuma, tokoh legendaris bulutangkis Indonesia.

INDOSPORT.COM - Menikah dan menggelar resepsi mewah pada 9 Februari 1997 di Hotel Gran Melia Kuningan, Jakarta. Susy Susanti dan Alan Budikusuma pun hingga kini masih kerap dipanggil dengan sebutan ‘Pasangan Emas Olimpiade’ karena keduanya merupakan atlet yang berhasil mempersembahkan emas di turnamen sebesar Olimpiade untuk pertama kalinya.

Susy Susanti meraih medali emas pada sektor tunggal putri Indonesia sedangkan Alan Budikusuma sukses menyabet medali emas pada sektor tunggal putra Indonesia usai berhasil menundukkan lawan yang juga berasal dari Indonesia, yakni Ardy B. Wiranata di Olimpiade Barcelona, Spanyol pada tahun 1992.

Bicara tentang Ardy B. Wiranata, INDOSPORT berkesempatan untuk berbincang dengannya terkait pasangan  tersebut. Legenda hidup bulutangkis Indonesia itu bercerita tentang rekan-rekannya tersebut.

"Alan dan Susi adalah orang yang baik. Kami bertiga, khususnya saya dan Alan bersaing dan jadi lawan hanya di lapangan kalau di luar, kami teman. Bahkan saya sama Susy sudah kenal dari kecil, saat kami masih jadi pemain junior," tutur Ardy dengan antusias, Rabu (23/10/19).

Diketahui, Susy dan Ardy sudah saling kenal sejak mengikuti Kejuaraan Dunia Junior bersama. Namun, meskipun sudah kenal sedari kecil, Ardy mengaku tidak begitu mengenal Susy secara dekat karena karakternya yang sedikit pendiam dan tidak begitu akrab dengan anak lelaki.

"Saya nggak begitu tahu (karakternya) ya, karena Susy nggak begitu banyak omong sama anak cowok di pelatnas. Tapi kalau yang saya lihat sih sosok Susy baik dan ramah ke semua orang," kenangnya. 

"Paling ya dia (Susy) ambisius memang. Tetapi memang sebagai atlet kami semuanya dituntut untuk jadi ambisius, kalau tidak bagaimana bisa menang? hahaha," tambah pria kelahiran 10 Februari 1970 ini.

Hingga kini, Ardy mengaku masih menjalin hubungan baik dengan Alan dan Susy melalui telepon atau SMS. Sejak memutuskan pensiun sejak tahun 1998, Ardy belum sama sekali pernah kembali ke Indonesia. Diketahui, kini ia dan keluarga bermukim di Calgary, Kanada.

"Sampai sekarang kami masih berkomunikasi, terakhir saat Alan izin ke saya bahwa nanti akan ada tokoh saya yang diperankan Nathaniel Sulistyo di film biopik Susy. Saya bilang tidak apa-apa, saya senang saja," pungkasnya sembari tertawa.

Sekadar informasi, film yang mengangkat kisah kehidupan dan perjuangan Susy Susanti yang berjudul 'Susi Susanti - Love All' akan segera tayang pada Kamis, 24 Oktober 2019 di seluruh bioskop Indonesia.

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%