4 Catatan Emas Anthony Ginting Usai Mengalahkan Kento Momota di French Open 2019

Sabtu, 26 Oktober 2019 06:23 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© badmintonindonesia.org
Anthony Sinisuka Ginting melakukan selebrasi di ajang China Open 2019. Copyright: © badmintonindonesia.org
Anthony Sinisuka Ginting melakukan selebrasi di ajang China Open 2019.

INDOSPORT.COM - Tak cuma memperbaiki catatan head to head, Anthony Ginting juga mengukir empat catatan emas usai menyingkirkan Kento Momota di French Open 2019.

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Ginting, sukses melenggang ke babak semifinal French Open 2019 usai mengandaskan lawan kuatnya, Kento Momota, dua gim langsung 21-10, 21-19. 

Hasil ini tentu saja menggembirakan. Selain memperbesar peluang juara, Anthony Ginting juga akhirnya bisa menaklukkan pemain nomor satu dunia itu setelah selalu kalah dalam enam laga terakhir. 

Dari 13 pertemuan, Ginting tercatat baru mengantongi tiga kemenangan. Kemenangan di French Open 2019 pun jadi yang keempat bagi Ginting. 

Tak cuma memperbaiki catatan head to head, Ginting juga mengukir empat catatan emas usai menyingkirkan Kento Momota. Dilansir dari @BadmintonTalk, berikut empat catatan istimewa tersebut. 

1. Mimpi Buruk Momota

Tak salah memang kalau duel Kento Momota vs Anthony Ginting sampai dijuluki MomoGi. Pasalnya, Anthony Ginting memang jadi mimpi terburuk Kento Momota di tunggal putra saat ini. 

Ginting adalah pebulutangkis pertama yang mampu mengalahkan Momota sebanyak tiga kali semenjak kembalinya pebulutangkis asal Jepang itu dari hukuman di 2017. 

Itu artinya, Ginting jadi lawan paling berbahaya bagi Kento Momota saat pebulutangkis Jepang itu di posisi satu dunia. 

2. Perusak Dominasi 

Tak cuma jadi pebulutangkis pertama yang tiga kali mengalahkan Momota sejak 2017, kemenangan Ginting di French Open 2019 sekaligus mengakhiri rekor tak terkalahkan Momota di 28 laga terakhir. 

Kento Momota mencatatkan 28 kemenangan beruntun yang mana 22 di antaranya dilakukan di BWF World Tour Super 500 +. 

Kekalahan atas Ginting membuat Momota batal menyamai rekor Lee Chong Wei yang mampu meraih 24 kemenangan beruntun di ajang Super Series. 

3. Samai Catatan Taufik Hidayat

Anthony Ginting merupakan pebulutangkis tunggal putra Indonesia ketiga yang mampu menembus babak semifinal French Open setelah Taufik Hidayat (2008, 2009, dan 2010) dan Tommy Sugiarto (2014). 

4. Rekor Bareng Jojo

Bersama dengan Jonatan Christie, ini merupakan kali pertama Indonesia mengirimkan dua wakilnya di babak semifinal sektor tunggal putra French Open. 

Jojo dan Anthony Ginting bahkan berpeluang saling berhadapan di partai final French Open 2019 andai mampu mengalahkan lawannya masing-masing.