Peluang Juara Beregu Putri Indonesia di SEA Games 2019

Senin, 28 Oktober 2019 20:24 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Tim putri Indonesia akan berlaga di SEA Games 2019. Copyright: © INDOSPORT/Herry Ibrahim
Tim putri Indonesia akan berlaga di SEA Games 2019.

INDOSPORT.COM - SEA Games 2019 akan berlangsung mulai 30 November mendatang. Berikut peluang beregu putri Indonesia di SEA Games 2019. 

Pesta olahraga dua tahunan negara-negara Asia Tenggara, SEA Games 2019, akan dibuka pada 30 November mendatang dan akan berlangsung hingga 10 Desember. 

11 negara di Asia Tenggara akan bersaing demi prestasi tertinggi dan bertanding dalam 56 cabang olahraga. Indonesia sebagai salah satu negara peserta, tentu punya cabang olahraga andalan untuk meraih medali. 

Seperti ajang olahraga lainnya yang pernah diikuti oleh Indonesia, bulutangkis tentunya menjadi cabor andalan. Untuk ajang SEA Games, Indonesia adalah peraih medali emas terbanyak di cabor bulutangkis. 

Indonesia sudah mengumpulkan 59 medali emas dari cabor bulutangkis selama menjadi peserta SEA Games. Di SEA Games 2019, bulutangkis masih menjadi andalan Indonesia untuk meraih medali emas. 

Lalu, seperti apa peluang juara beregu putri Indonesia di SEA Games 2019? Berikut peluang beregu putri Indonesia di SEA Games 2019. 

Drawing

Berdasarkan drawing dari babak beregu putri cabor bulutangkis SEA Games 2019, Indonesia akan berhadapan dengan Vietnam di babak perempatfinal. 

Jika berhasil mengatasi Vietnam, Indonesia akan menghadapi pemenang laga antara Filipina vs Singapura di babak semifinal. 

Lawan Terkuat

Seperti pada SEA Games sebelumnya, Malaysia dan Thailand masih menjadi pesaing utama Indonesia di nomor beregu putri. Di tangan Malaysia atau Thailand tim beregu putri Indonesia biasanya tumbang. 

Pada SEA Games 2017 lalu misalnya, Indonesia kalah 0-3 di babak semifinal di tangan Malaysia sehingga harus puas dengan medali perunggu saja. 

Peluang Indonesia 

Meski tim beregu putri Indonesia tidak mendapatkan bye di SEA Games 2019, peluang Fitriani dkk terbilang cukup besar untuk melaju ke final. 

Pertama, Indonesia di atas kertas ada di atas Vietnam dan lawan di semifinal kemungkinan adalah Singapura. Singapura sendiri terakhir bertemu Indonesia di SEA Games 2007. 

Saat itu Indonesia menang 3-2 atas Singapura dan berhak meraih medali emas. 

Keuntungan kedua yang dimiliki tim putri Indonesia adalah, Malaysia dan Thailand kemungkinan akan saling berhadapan di babak semifinal. 

Siapapun pemenang antara Thailand atau Malaysia, akan menjadi lawan yang sepadan bagi Indonesia di partai final. Meski begitu, harus diakui bahwa kekuatan Thailand dan Malaysia sedikit di atas Indonesia. 

Oleh sebab itu, peluang paling realistis yang bisa dikejar oleh tim putri Indonesia adalah medali perak SEA Games 2019