Yvonne Girard, 'Susi Susanti Prancis' yang Mampu Rajai French Open

Senin, 28 Oktober 2019 15:25 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Lanjar Wiratri
© Calungnews
Logo French Open. Copyright: © Calungnews
Logo French Open.

INDOSPORT.COM - Yvonne Girard, tunggal putri yang mendapat julukan 'Susi Susanti Prancis' usai mampu merajai turnamen French Open, lantas seperti apa kiprahnya di dunia bulutangkis BWF?

Gelaran badminton Super 750, French Open 2019 baru saja selesai bergulir dan menghasilkan beberapa fakta menarik seperti kemenangan Chen Long menjadi juara di nomor tunggal putra usai menaklukan Jonatan Christie di partai final.

Gelar juara Chen Long tersebut, membuat pebulutangkis asal China ini menjadi tunggal putra kesembilan yang berhasil menjuarai French Open dua kali beruntun sepanjang sejarah.

Namun jika berbicara gelar juara terbanyak, terdapat satu pebulutangkis yang bisa disebut sebagai rajanya turnamen French Open lantaran paling sukses di turnamen ini.

Adalah Yvonne Girard, tunggal putri asal Prancis tersebut merupakan pebulutangkis yang paling banyak dan paling sering naik podium juara pertama dalam turnamen French Open.

Total pebulutangkis kelahiran 20 Maret 1912 silam ini telah merengkuh enam gelar French Open di sektor tunggal putri, satu gelar di nomor ganda campuran, dan tujuh gelar di nomor ganda putri yang diraih sejak tahun 1940 hingga 1946, serta pada tahun 1955.

Keberhasilan Yvonne Girard menjadi juara sejatinya cukup mengejutkan dan menjadi catatan tersendiri bagi dunia BWF, pasalnya Prancis yang walaupun menjadi tuan rumah French Open belum pernah mengirimkan wakil mereka di podium juara sejak pertama kali turnamen ini bergulir yakni tahun 1908.

Barulah pada tahun 1940 Perancis langsung menyabet bersih podium juara di semua nomor, sekaligus menghentikan dominasi Inggris yang menjadi kekuatan bulutangkis Eropa pada saat itu.

Selain mampu menjadi juara di French Open, Yvonne Girard juga berhasil merengkuh 10 gelar badminton katergoti tim bersama Racing di turnamen Jehan Kuntz Cup pada tahun 1942 hingga 1950 dan 1955.

Jumlah gelar dan prestasi yang diraih Yvonne Girard, membuat tunggal putri tersebut masuk sebagai salah satu pebulutangkis berprestasi di Prancis, dan mungkin namanya setara dengan salah satu tunggal putri terbaik Tanah Air, Susi Susanti yang memang menjadi ikon dunia bulutangkis wanita.

Nama Yvonne Girard bahkan semakin melegenda setidaknya di tanah kelahirannya Perancis, lantaran sampai saat ini belum ada tunggal putri dari negara tersebut yang bisa berbicara lebih di ajang BWF, bahkan di French Open pun sosok pengganti Yvonne Girard belum juga muncul sejak 2005 silam.