Menakar Peluang Della Destiara/Rizki Amelia Wakili Indonesia di Final Macau Open

Sabtu, 2 November 2019 07:55 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Indra Citra Sena
© badmintonindonesia.org
Pebulutangkis Rizki Amelia Pradipta/Della melaju ke semifinal Badminton Asia Championships 2019 dengan menyingkirkan Chang Ching Hui/Yang Ching Tun (Taiwan). Foto: badmintonindonesia.org Copyright: © badmintonindonesia.org
Pebulutangkis Rizki Amelia Pradipta/Della melaju ke semifinal Badminton Asia Championships 2019 dengan menyingkirkan Chang Ching Hui/Yang Ching Tun (Taiwan). Foto: badmintonindonesia.org

INDOSPORT.COM - Della Destiara/Rizki Amelia menjadi satu-satunya wakil Indonesia tersisa di Macau Open 2019 dan berpeluang melaju ke final.

Indonesia hanya menyisakan satu wakil di semifinal Macau Open 2019, yakni pasangan ganda putri Della Destiara/Rizki Amelia.

Mengalahkan sesama wakil Indonesia Siti Fadia/Ribka Sugiarto, Della Destiara/Rizki Amelia akan mengadang pasangan China, Du Yue/Li Yinhui, di semifinal Macau Open 2019, Sabtu (2/11/19).

Menghadapi Du Yue/Li Yinhui jelas bukan perkara mudah untuk Della Destiara/Rizki Amelia. Sang lawan merupakan unggulan pertama di sektor ganda putri Macau Open 2019.

Selain itu, secara peringkat, Du Yue/Li Yinhui merupakan peringkat ketujuh dunia, sementara Della Destiara/Rizki Amelia hanya berperingkat ke-18 dunia.

Potensi akan sulitnya Della Destiara/Rizki Amelia untuk melewati Du Yue/Li Yinhui juga tampak dari head to head mereka. Pasangan China memiliki keunggulan tipis 1-0, ketika menang tiga set 21-18, 15-21 dan 22-20 di Japan Open 2019, Juli lalu.

Meski kalah, skor yang didapat di Japan Open 2019 itu bisa mencerminkan adanya peluang untuk Della Destiara/Rizki Amelia karena secara permainan mereka sangat mampu mengimbangi Du Yue/Li Yinhui. 

Peluang itu juga hadir dari fakta bahwa dengan peringkatnya yang terhitung bagus, Du Yue/Li Yinhui tak serta merta selalu mampu mengungguli lawannya yang lebih rendah secara peringkat.

Di dua turnamen terakhir misalnya, Du Yue/Li Yinhui selalu tersingkir dini di babak 16 besar oleh lawan yang secara berperingkat lebih rendah, yaitu Baek Ha Na/Jung Kyung Eun (peringkat ke-25) di Denmark Open 2019 dan Anna Ching Yik/ Lim Chiew Sien (peringkat ke-66) di Indonesia Master.

Dengan fakta tersebut, peluang Della Destiara/Rizki Amelia jelas masih sangat terbuka untuk bisa menjadi satu-satunya wakil Indonesia di final Macau Open 2019. Berdasarkan perbandingan, rasanya adil memberikan kemungkinan 50:50 untuk mereka dan Du Yue/Li Yinhui.