4 Rekor yang Bisa Dipecahkan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon Jika Juara di Fuzhou China Open 2019

Senin, 4 November 2019 15:12 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Humas PBSI
Kevin Sanjaya/Marcus Gideon berpeluang memecahkan setidaknya empat rekor jika kembali meraih juara di Fuzhou China Open 2019. Copyright: © Humas PBSI
Kevin Sanjaya/Marcus Gideon berpeluang memecahkan setidaknya empat rekor jika kembali meraih juara di Fuzhou China Open 2019.

INDOSPORT.COM - Kevin Sanjaya/Marcus Gideon berpeluang memecahkan setidaknya empat rekor jika kembali meraih juara di Fuzhou China Open 2019.

Setelah sempat absen di Macau Open 2019, pasangan ganda putra terbaik Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon akan kembali berjibaku di Fuzhou China Open 2019 yang akan mulai bergulir esok hari, Selasa (05/11/19).

Datang sebagai pasangan ganda putra terbaik dunia dan unggulan pertama di Fuzhou China Open 2019, peluang juara jelas terbuka sangat lebar untuk Kevin Sanjaya/Marcus Gideon.

Jika peluang tersebut bisa benar-benar mereka wujudkan menjadi kenyataan di Fuzhou China Open 2019, maka setidaknya mereka bisa mencatatkan empat buah rekor. 

Rekor apa saja, berikut INDOSPORT merangkumkan.

Dua Gelar Beruntun

Jika bisa mencatatkan namanya menjadi juara tahun ini, maka Kevin Sanjaya/Marcus Gideon akan mencatatkan rekor sebagai pasangan ganda putra pertama yang sukses meraih juara secara beruntun di  Fuzhou China Open.

Seperti diketahui tahun lalu di Fuzhou China Open 2018, pasangan berjuluk Duo Minions itu keluar sebagai juara setelah menaklukan pasangan tuan rumah He Jiting/Tan Qiang.

Sementara itu dalam 14 gelaran Fuzou China Open sebelumnya, belum ada satupun pasangan ganda putra yang mampu melakukan back to back juara. Bahkan, wakil-wakil tuan rumah China sekalipun, yang mendominasi dengan tujuh gelar juara lewat beberapa pasangan.

Rekor Jumlah Juara

Bukan hanya meraih gelar juara secara beruntun, jika kembali jadi yang terbaik di Fuzhou China Open 2019, maka Kevin Sanjaya/Marcus Gideon juga bisa menyamai rekor catatan gelar terbanyak di sektor ganda putra turnamen yang pertama digelar pada tahun 2005 itu.

Hingga kini, rekor gelar juara terbanyak sektor ganda putra masih dipegang oleh pasangan tuan rumah, Fu Haifeng/Cai Yun. Dengan catatan du agelar, dari tahun 2007 dan 2010.

Memang dalam sejarah Fuzhou China Open ada beberapa pebulutangkis lain yang bisa lebih dari dua kali juara di sektor ganda putra yakni pebulu tangkis Korea Selatan Lee Yong-dae. Namun, dalam tiga kali catatan juaranya, Lee Yong-dae melakukannya dengan pasangan yang berbeda-beda.

Wakil Indonesia tersukses

Bukan hanya di sektor ganda putra, jika bisa mendapatkan gelar juara Fuzhou China Open 2019, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon juga akan mencatatkan rekor sebagai pebulu tangkis Indonesia tersukses di turnamen tersebut.

Sebab, sebelum ini belum ada satupun wakil Indonesia yang mampu meraih dua gelar di sepanjang sejarah Fuzhou China Open.

Dengan catatan total empat gelar, masing-masing wakil Idnonesia baru sekali juara. Mulai dari Liliyanan Natsir/Vita Marissa  di sektor gadna putri tahun 2007, Sony Dwi Kuncoro di sektor tunggal putra tahun 2008, Markis Kido/Hendra Setiawan ganda putra tahun 2008 dan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon sendiri tahun lalu.

Hattrick Juara

Catatan rekor selanjutnya yang bisa ditorehkan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon  andai juara di Fuzhou China Open 2019, terkait diri mereka sendiri.

Yaitu andai juara, berarti mereka akan mencatatkan hattrick atau juara dalam tiga turnamen berbeda secara berturut yang diikutinya.

Sebelum Fuzhou China Open 2019, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon sudah mengamankan dua gelar juara berturut di Denmark Open dan French Open.

Catatan itu semakin spesial, karena meski telah mendapatkan tujuh gelar juara sepanjang tahun 2019 ini. Mereka belum sekalipun mampu menorehkan tiga gelar jaura secara berturut.

Untuk itu besar harapan, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon bisa kembali mencatatkan tinta emas untuk Indonesia, sebagai juara ganda putra di Fuzhou China Open 2019.