Menakar Peluang Ganda Campuran Indonesia di Fuzhou China Open: Praveen/Melati Kembali Juara?

Minggu, 3 November 2019 19:13 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© PBSI
Ganda campuran Indonesia Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti berhasil menjadi juara French Open 2019 usai mengalahkan  Zheng Siwei/Huang Yaqiong di babak final, Minggu (27/10/19). Copyright: © PBSI
Ganda campuran Indonesia Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti berhasil menjadi juara French Open 2019 usai mengalahkan Zheng Siwei/Huang Yaqiong di babak final, Minggu (27/10/19).

INDOSPORT.COM - Berikut peluang wakil Indonesia di sektor ganda campuran Fuzhou China Open 2019, termasuk salah satunya Praveen Jordan/Melati Daeva.

Tiga pasangan ganda campuran akan berjuang bagi Indonesia di turnamen bulutangkis Fuzhou China Open 2019 yang akan mulai berlangsung pekan depan, Selasa (05/11/19).

Tiga nama tersebut adalah Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Hafiz Faizal/Gloria Widjaja, dan Praveen Jordan/Melati Daeva yang datang dengan status unggulan ketujuh.

Dengan statusnya sebagai unggulan ketujuh, rasannya tak akan sulit bagi Praveen Jordan/Melati Daeva untuk melewati pasangan Jepang, Takuro Hoki/Wakana Nagahara di putaran pertama. Serta calon lawannya di putaran kedua, untuk nantinya mengambil satu tempat di perempatfinal.

Jika sampai di perempatfinal, peluang Praveen Jordan/Melati Daeva pun masih sangat besar. Lantaran kemungkinan mereka akan berhadapan melawan Yuta Watanabe/Arisa Higashino.

Meski memiliki sattus unggulan yang lebih baik, unggulan keempat, Yuta Watanabe/Arisa Higashino sangat mungkin dilewati  Praveen Jordan/Melati Daeva. Berkaca pada head to head mereka yang unggul dua kemenangan tanpa balas.

Menarik jika Praveen Jordan/Melati Daeva  bisa terus ke semifinal karena di sana besar peluang mereka kembali bertemu pasangan China Wang Yilu/Huang Dongping. Lawan yang mampu mereka kandaskan untuk merebut gelar juara Denmark Open 2019, Oktober lalu.

Meski tentu tak akan mudah, tapi berkaca pada keberhasilan itu, sangat mungkin Praveen Jordan/Melati Daeva kembali mencapai final ketiganya secara berturut nanti, di Fuzhou China Open 2019.

Dengan jalan tersebut dan jika tak ada kejutan di Fuzhou China Open 2019 nanti, maka di final, kemungkinan adalah Zheng Siwei/Huang Yaqiong yang akan menjadi lawan Praveen/Melati.

Melawan unggulan pertama itu, juga menarik buat Praveen Jordan/Melati Daeva. Pasalnya Zheng Siwei/Huang Yaqiong itu jugalah pasangan yang mereka kandaskan di final French Open 2019. Sehingga peluang hattrick juara, jelas sangat terbuka.

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dan Hafiz Faizal/Gloria Widjaja 

Sementara itu untuk dua pasangan lainnya Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dan Hafiz Faizal/Gloria Widjaja, peluang bagi mereka untuk melewati putaran pertama rasannya akan berjalan tak mudah.

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas hanya akan menghadapi pasangan Jepang Yuki Kaneko/Misaki Matsutomo, yang secara head to head unggul dari mereka 1-0. Meski sebenarnya secara peringkat, mereka unggul di urutan 19, berbanding 23.

Sementara Hafiz Faizal/Gloria Widjaja akan langsung bersua He Ji Ting/Du Yue, yang secara dominan selalu mampu mengungguli mereka di tiga pertemuan.

Dengan fakta tersebut maka harapan Indonesia, kemungkinan besar hanya akan ada di pundak Praveen Jordan/Melati Daeva untuk mencatatkan gelar juara di sektor ganda campuran Fuzhou China Open 2019.