Lee Yong-dae dan Fuzhou China Open, Bukti Gonta-ganti Pasangan Tak Selamanya Buruk

Senin, 4 November 2019 15:55 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Lee Yong-dae, pebulutangkis asal Korea Selatan, mampu mencatatkan sebuah rekor unik dalam kiprahnya di turnamen Fuzhou China Open.

Tak banyak pebulutangkis dari luar China yang mampu menorehkan prestasi di Fuzhou China Open. Dari sedikit itu, mencuat salah satunya pebulutangkis Korea Selatan, Lee Yong-dae.

Lee Yong-dae yang bermain di sektor ganda putra, berhasil muncul sebagai pebulutangkis luar China tersukses, dengan torehan tiga gelar juara.

Namun menariknya dari tiga kali gelar juara tersebut, Lee Yong-dae mencatatkannya dengan pasangan yang berbeda-beda.

Gonta-ganti Pasangan

Sempat gagal meraih gelar juara di Fuzhou China Open 2009, saat dirinya menjadi unggulan pertama di sektor ganda putra bersama Jung Jae-sung, Lee Yong-dae akhirnya menorehkan gelar pertamanya di tahun 2011.

Kala itu masih bersama Jung Jae-sung, Lee Yong-dae keluar sebagai juara saat menjadi unggulan ketiga turnamen. Langkah Jung Jae-sung/Lee Yong-dae saat itu tak terbendung sejak babak awal dan mampu mengungguli unggulan pertama, wakil tuan rumah Cai Yun/Fu Haifeng, yang juga merupakan juara bertahan.

Absen di gelaran Fuzhou China Open tahun berikutnya, atau yang kala itu masih bernama China Masters 2012, Lee Yong-dae kembali mampu menorehkan gelar juara di tahun 2013. Namun kal itu Lee Yong-dae datang dengan pasangan berbeda, Ko Sung-hyun.

Dengan status sebagai unggulan pertama, pasangan Lee Yong-dae/Ko Sung-hyun, kembali tanpa hambatan berarti mengalahkan pesaing terkuatnya, unggulan kedua dari Jepang Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa. Dalam pertandingan dua set langsung, 25-23 dan 21-19.

Kembali absen di tahun 2014 dan 2015, nama besar Lee Yong-dae kembali tak terbendung di Fuzhou China Open 2016. Bahkan datang dengan pasangan yang berbeda lagi, Yoo Yeon-seong, Lee Yong-dae kembali mampu membawa pulang gelar juara ke Korea Selatan.

Untuk membawa pulang gelar juara ketiganya dengan tiga pasangan berbeda, Lee Yong-dae dengan bantuan Yoo Yeon-seong, berhasil mengalahkan sesama wakil Korea Selatan Kim Gi-jung/Kim Sa-rang, 21-17 dan 21-14.

Absen di tahun Fuzhou China Open 2017 dan 2018, tahun ini Lee Yong Dae akan kembali meraih asa menjadi juara untuk keempat kalinya dengan pasangan yang kembali berbeda, Kim Gi-jung.