Kisah Rudy Gunawan/Rosiana Tendean, Kampiun Pertama Indonesia di Hong Kong Open

Sabtu, 9 November 2019 20:25 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Indra Citra Sena
© BeOne Biografi Tokoh/Youtube
Legenda bulutangkis Indonesia untuk Ganda Campuran, Rudy Gunawan dan Rosiana Tendean. Copyright: © BeOne Biografi Tokoh/Youtube
Legenda bulutangkis Indonesia untuk Ganda Campuran, Rudy Gunawan dan Rosiana Tendean.

INDOSPROT.COM - Tak ada salahnya untuk mengetahui sedikit kisah singkat Rudy Gunawan/Rosiana Tendean yang menjadi ganda campuran pertama Indonesia meraih Hong Kong Open.

Hong Kong Open telah digelar sejak 1982 silam. Sederet pebulutangkis dunia pernah meraih gelar tersebut pada ajang yang perdana kali digulirkan.

Pada 2019 ini, Hong Kong Open kembali bergulir. Turnamen bulutangkis internasional tersebut akan berlangsung pada 12-17 November mendatang.

Meski demikian, ternyata ada salah satu wakil Indonesia lewat sektor ganda campuran yang pertama kalinya merengkuh gelar Hong Kong Open.

Ganda campuran yang dimaksudkan ialah Rudy Gunawan/Rosiana Tendean. Pasangan ini meraih gelar Hong Kong Open edisi 1993 silam.

Atau bisa disebut kalau Indonesia harus menunggu kurang-lebih 11 tahun untuk bisa membawa trofi Hong Kong Open ke Tanah Air.

Rudy Gunawan sendiri memang sudah sejak kecil mengenal dunia bulutangkis. Hal tersebut dibuktikan dengan berbagai gelar di level junior telah dia dapat.

Sedangkan, Rosiana Tendean juga telah akrab dengan olahraga tepok bulu sejak masih belia. Bahkan dirinya memang dikenal spesialis pemain ganda dari kecil.

Baik Rudy Gunawan maupun Rosiana Tendean memang memiliki partner masing-masing di sektor putra dan putri. Bahkan mereka bisa tampil luar biasa.

Sejumlah gelar pernah keduanya raih bersama pasangan masing-masing di berbagai nomor pada ajang kejuaraan bulutangkis dunia.

Akan tetapi melihat performa mereka yang apik, baik Rudy Gunawan maupun Rosiana Tendean akhirnya dipasangkan untuk turun di nomor ganda campuran.

Mereka coba dipasangkan pada akhir 1990-an. Rudy Gunawan/Rosiana Tendean tetap menunjukan performa yang begitu fantastis di berbagai ajang.

Bahkan, gelar perdana berhasil direngkuh ketika memenangi turnamen Indonesia Open 1990. Rudy Gunawan/Rosiana Tendean mengalahkan Aryono Miranat/Erma Sulistianingsih dengan tiga set, 15-5, 11-15, 15-4.

Lalu tiga tahun berselang, Rudy Gunawan/Rosiana Tendean mampu merengkuh tiga gelar sekaligus mulai dari Polandia Open, Indonesia Open, hingga Hong Kong Open.

Untuk turnamen terakhir, menghadirkan sesuatu yang begitu luar biasa. Karena Rudy Gunawan/Rosiana Tendean adalah ganda campuran pertama Indonesia yang meraih Hong Kong Open.

Keduanya sukses juara Hong Kong Open 1993 usai mengaklukan Aryono Miranat/Rosalina Riseu dua set langsung, yakni 15-12 dan 15-6.

Kini, baik Rudy Gunawan/Rosiana Tendean telah resmi pensiun, tapi keduanya diketahui tak bisa jauh dari dunia bulutangkis yang telah membesarkan nama mereka.

Torehan tersebut sempat diulang oleh pasangan Nova Widianto/Lilyana Natsir (2007) dan Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir (2016). Di 2019, akankah ganda campuran Indonesia bisa kembali menorehkan tinta emas tiga pasangan barusan?

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%