Update Sementara Daftar Pebulutangkis yang Resmi Tampil di BWF World Tour Finals 2019

Minggu, 10 November 2019 20:35 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Indra Citra Sena
© Shi Tang/Getty Images
Berakhirnya turnamen Fuzhou China Open 2019 akhirnya memastikan sedikit banyaknya pebulutangkis yang akan tampil di World Tour Finals 2019. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Berakhirnya turnamen Fuzhou China Open 2019 akhirnya memastikan sedikit banyaknya pebulutangkis yang akan tampil di World Tour Finals 2019.

INDOSPORT.COM - Berakhirnya turnamen Fuzhou China Open 2019 memastikan sedikit banyaknya pebulutangkis yang akan tampil di World Tour Finals 2019. Siapa sajakah mereka?

Turnamen BWF World Tour Finals akan segera digelar mulai 11-15 Desember 2019 mendatang di Guangzhou, China. BWF World Tour Finals 2019 merupakan ajang bulutangkis yang tidak bisa diikuti oleh semua pebulutangkis.

Sebab, setiap sektor hanya akan diikuti oleh delapan pemain atau pasangan dari setiap negara yang hanya boleh mengirimkan paling banyak dua wakil di masing-masing sektor.

Namun, dua wakil yang dikirim oleh suatu negara harus masuk kualifikasi dari ranking dan ranking tersebut diakumulasi dari total poin yang diperolehnya saat berlaga di turnamen Super 100 hingga Super 1000.

Setidaknya terdapat tiga turnamen Super 1000, 5 turnamen Super 750, 7 turnamen Super 500, dan 11 turnamen Super 300 yang bisa diikuti oleh para pebulutangkis.

Dilansir akun Instagram @badmintontalk_com, berikut INDOSPORT paparkan update sementara pebulutangkis yang sudah pasti masuk kualifikasi BWF World Tour Finals 2019:

  • Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan sudah pasti akan tampil di World Tour Finals karena status mereka sebagai juara dunia 2019 dan secara matematis pasangan berjuluk The Daddies tersebut juga akan berada di top 20 ranking dunia hingga akhir periode kualifikasi.

Sejauh ini, selama 2019 Ahsan/Hendra telah mengikuti 13 turnamen BWF World Tour dan menjadi juara dua kali di All England Open dan New Zealand Open serta menjadi runner-up sebanyak enam kali di Indonesia Masters, Singapore Open, Indonesia Open, Japan Open, China Open, dan Denmark Open.

  • Zheng Siwei/Huang Yaqiong

Berstatus sebagai juara dunia 2019 telah memastikan pasangan Zheng Siwei/Huang Yaqiong akan diundang di World Tour Finals 2019. Apalagi selama 2019, mereka telah lima kali juara di Indonesia Masters, All England Open, Malaysia Open, Indonesia Open, China Open dan sekali runner-up di Korea Open 2019.

  • Kento Momota

Status Kento Momota sebagai Juara Dunia dan menduduki peringkat satu dunia di sektor tunggal putra serta telah meraih tuju gelar juara.

Perinciannya antara lain German Open, All England Open, Singapore Open, Japan Open, China Open, Korea Open dan Denmark Open dan sekali Runner Up di Indonesia Masters. Prestasi ini membuatnya secara otomatis tampil di World Tour Finals 2019.

  • PV Sindhu

Tunggal putri India, PV Sindhu juga sudah pasti akan tampil di World Tour Finals 2019 setelah sukses menjadi juara dunia dan dipastikan tidak akan keluar dari top 20 dunia sampai akhirnya periode kualifikasi.

  • Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara

Status juara dunia yang diraih oleh Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara tahun ini serta satu kali juara di Singapore Open 2019, dua kali menjadi runner-up di All England serta Japan Open 2019 juga secara otomatis membuat mereka akan tampil di World Tour Finals 2019.

  • Kim So-yeong/Kong Hee-yong

Pasangan ganda putri Korea Selatan, Kim So-yeong/Kong Hee-yong juga dipastikan akan tampil di World Tour Finals 2019 setelah mereka sukses mencapai perempatfinal French Open 201 dan memastikan bahwa mereka tetap berada di top 8 ranking race to Guangzhou hingga akhir periode.

Sepanjang 2019, mereka sukses meraih 4 kali juara di Korea Open, Japan Open, New Zealand Open dan Spain Masters dan 2 kali runner-up di Chinese Taipei Open dan Indonesia Masters.

  • Takeshi Kamura/Keigo Sonoda

Pasangan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda telah memastikan tiket untuk tampil di BWF World Tour Finals 2019 usai mencapai perempatfinal French Open 2019.

Sejauh ini, selama 2019 mereka telah mengikuti 14 BWF World Tour dengan sekali juara di Singapore Open dan 4 kali Runner-up di German Open, Malaysia Open, Australia Open, dan Korea Open serta 4 kali menjadi semifinalis di turnamen All England Open, New Zealand Open, Japan Open, dan Denmark Open.

  • Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti

Usai menjadi juara di tur Eropa yakni Denmark Open dan French Open 2019, pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Praveen/Melati pun menjadi wakil Indonesia pertama yang lolos berdasarkan poin dan di 2019, mereka sudah juara dua kali dan menjadi runner-up empat kali di India Open, New Zealand Open, Australia Open, dan Japan Open.

  • Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai

Pasangan Thailand ini berhasil memastikan lolos ke BWF World Tour Finals usai menjajaki perempat final Macau Open 2019, terlebih lagi mereka berhasil menjadi juara di turnamen tersebut.

Sejauh ini, selama 2019 mereka telah mengikuti 14 BWF World Tour dengan 3 kali juara di Singapore dan Korea Open serta Macau Open dan dua kali menjadi runner-up di Thailand Masters dan Malaysia Masters.

1