Munculkan Gestur Misterius Dukung Pendemo Hong Kong, Rival Anthony Ginting Malah Dipuji

Minggu, 17 November 2019 12:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Calon rival Anthony Sinisuka Ginting di final Hong Kong Open 2019, Lee Cheuk Yiu, sempat jadi sorotan lantaran gestur misterius yang merujuk aksi demonstrasi di negaranya.

Dilansir dari South China Morning Post, gestur misterius itu dipamerkan oleh Lee Cheuk Yiu saat memenangkan putaran pertama Hong Kong Open dengan mengalahkan wakil Thailand, Sitthikom Thammasin, Rabu (13/11/19) kemarin.

Usai mengunci kemenangan straight 21-14, 21-16, Lee Cheuk Yiu mengacungkan lima jari tangan kanannya dan telunjuk tangan kirinya di hadapan semua penonton turnamen di Hong Kong Coliseum.

Isyarat kedua tangannya ini dipahami bukan untuk merayakan kemenangan laga tersebut, melainkan bentuk dukungan kepada para demonstran yang turun ke jalan.

Sebagaimana diketahui, turnamen bulutangkis Hong Kong Open musim ini memang berlangsung di tengah kerusuhan sosial yang sedang terjadi di negara tuan rumah sejak enam bulan terakhir.

Para demonstran ini melakukan aksi protes di sejumlah titik penting guna menentang rancangan undang-undang ekstradisi ke China. Hong Kong merupakan bagian dari China namun bekas jajahan Inggris sehingga mereka memiliki hak otonomi.

Aksi Lee Cheuk Yiu ini sejatinya bisa mengundang kontroversi. Namun, dirinya justru mendapatkan tepuk tangan meriah dari para penonton Hong Kong Open.

Lee Cheuk Yiu enggan menjelaskan maksudnya saat ditanya soal gestur tersebut. Namun dia sempat mengatakan  kepada awak media, “Mereka yang mengerti akan mengerti, mereka yang tidak, abaikan saja.”

“Kami bukan hanya menunjukkan semangat kami di lapangan bulutangkis, kami juga dapat menunjukkannya dalam hal lain.”

Pujian tidak hanya dari penonton yang datang langsung ke Hong Kong Coliseum, namun juga dari para netizen. Beberapa diantaranya memuji sikap Lee sangat keren dan membuktikan sebagai atlet Hong Kong sejati.

Lee Cheuk Yiu akan menghadapi perlawanan dari wakil Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, pada babak pamungkas Hong Kong Open 2019 yang akan berlangsung hari ini, Minggu (17/11/19).