Bukan Taufik Hidayat, Lee Yong-dae Kagumi Sosok Legenda Indonesia Ini

Jumat, 22 November 2019 16:22 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Getty Images
Pebulutangkis ganda putra Korea Selatan, Lee Yong-dae beberkan sosok legenda bulutangkis Indonesia ini yang menjadi idolanya sejak dulu. Copyright: © Getty Images
Pebulutangkis ganda putra Korea Selatan, Lee Yong-dae beberkan sosok legenda bulutangkis Indonesia ini yang menjadi idolanya sejak dulu.

INDOSPORT.COM - Pebulutangkis ganda putra Korea Selatan, Lee Yong-dae beberkan sosok legenda bulutangkis Indonesia ini yang menjadi idolanya sejak dulu.

Namun siapakah legenda Indonesia yang menjadi idola seorang Lee Yong-dae? Ya, tentu saja bukan seorang Taufik Hidayat, melainkan seorang Tony Gunawan, legenda ganda putra Tanah Air yang kini sudah membela Amerika Serikat.

Diwawancarai seorang Youtuber bernama Jang Han-sol yang juga pintar berbahasa Indonesia, Yong-dae menyebut kalau dulu sudah sejak dulu ia sangat mengagumi pemain-pemain bulutangkis Indonesia.

Lebih lanjut lagi, Lee Yong-dae menyebutkan alasan mengapa ia sangat mengidolakan seorang Tony Gunawan, dimana salah satu alasan yang paling kuat adalah karena ia merasa eks pebulutangkis ganda putra tersebut merupakan seorang pemain yang cerdas.

"Saya suka sekali dengan atlet Tony Gunawan. Saya melihat Beliau sebagai seorang atlet yang mampu menaklukkan kekurangan pada dirinya. Kebetulan kekurangan itu sama dengan saya,jadi setiap kali melihat Tony Gunawan, saya pun terdorong untuk menunjukkan perfomance seperti Beliau," ujar Lee Yong-dae yang ditayangkan di Youtube akun Korea Reomit.

Terlebih lagi menurut Lee Yong-dae, Tony Gunawan adalah mantan atlet yang sangat pintar dalam menutupi kekurangannya, maka tak heran jika ia menjadikan peraih medali emas Olimpiade dan Kejuaraan Dunia tersebut sebagai role model permainannya.

"Saya memiliki teknik smash yang cenderung lemah, dengan power yang kurang, karena power saya tergolong lemah, saya harus pintar mencari strategi. Jadi saya harus berpikir bagaimana cara saya melawan pemain lain. Sejak saat itu, saya selalu berusaha dan mencari cara untuk bermain 'pintar',"

"Suatu hari ketika saya melihat Tony Gunawan bermain, saya sangat terkagum karena perfomance Beliau begitu sempurna. Sejak saat itu saya menjadi dia sebagai role model bermain saya," pungkasnya.

Walaupun saat ini belum berhasil kembali meraih gelar, tetapi di sepanjang kariernya, Lee Yong-dae sudah berhasil meraih medali emas di Olimpiade dan medali perak di Kejuaraan Dunia.