Vu Thi Trang, Tunggal Cantik Vietnam yang Punya Kisah Hidup Mirip Susy Susanti

Minggu, 1 Desember 2019 18:55 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Indra Citra Sena
© 24h.com
Vu Thi Trang, pebulutangkis cantik Vietnam di SEA Games 2019 yang punya kisah hidup mirip Susy Susanti. Copyright: © 24h.com
Vu Thi Trang, pebulutangkis cantik Vietnam di SEA Games 2019 yang punya kisah hidup mirip Susy Susanti.

INDOSPORT.COM - Berikut profil singkat Vu Thi Trang, pebulutangkis tunggal cantik asal Vietnam yang mengalahkan Fitriani sekaligus menggagalkan poin Indonesia di nomor beregu putri SEA Games 2019.

Vu Thi Trang tengah menjadi bahan perbincangan netizen, sebab tunggal putri berusia 27 tahun tersebut merupakan satu-satunya wakil Vietnam yang bisa meraih kemenangan atas wakil Indonesia di pertandingan nomor beregu hari ini.

Pada perempat final bulutangkis beregu putri SEA Games 2019, Minggu (1/12/19) pagi WIB, Fitriani yang turun sebagai tunggal kedua Indonesia dipaksa menyerah oleh Vu Thi Trang.

Pebulutangkis 20 tahun tersebut takluk dari Vu Thi Trang dengan rubber game 14-21, 21-14, dan 14-21. Kekalahan tersebut sejatinya cukup mengejutkan, sebab lawan yang dihadapi Fitriani berperingkat cukup jauh di bawahnya.

Melansir dari laman BWF, diketahui jika Fitriani duduk di peringkat ke-30 sedangkan Vu Thi Trang berada 25 strip di bawahnya, yakni urutan ke-55.

Tak cuma keberhasilan menaklukan Fitriani, faktor lain yang membuat Vu Thi Trang menjadi bahan perbincangan adalah paras cantik miliknya yang mampu meluluhkan para penonton.

Untuk mengenal lebih dekat Vu Thi Trang, berikut INDOSPORT merangkum dan mengulas profil Vu Thi Trang, si tunggal cantik asal Vietnam yang ternyata punya kisah hidup mirip Susy Susanti.

Vu Thi Trang merupakan salah satu tunggal putri unggulan asal Vietnam, dirinya bahkan pernah mewakili negaranya untuk ajang Olimpiade Musim Panas 2016 di Rio de Janeiro, Brasil. 

Sayang, ia gagal lolos dari babak penyisihan grup, setelah menempati posisi kedua Grup J di bawah Nozomi Okuhara asal Jepang.

© Robertus Pudyanto/Getty Images
Pebulutangkis Vietnam, Vu Thi Trang yang mengalahkan Fitriani di SEA Games 2019. Copyright: Robertus Pudyanto/Getty ImagesPebulutangkis Vietnam, Vu Thi Trang yang mengalahkan Fitriani di SEA Games 2019.

Pada 2010, Vu Thi Trang pernah meraih medali perunggu dalam ajang Youth Olympic Games 2010 di Singapura, di partai semifinal dirinya kalah oleh Sapsiree Taerattanachai yang keluar sebagai juara.

Dalam ajang BWF International Challenge, Vu Thi Trang sempat menorehkan beberapa catatan gemilang seperti juara Ghana International, Vietnam International, Waikato International, White Nights, dan Vietnam International Series.

Dianggap sebagai salah satu tunggal putri terbaik Vietnam, ternyata Vu Thi Trang punya kisah hidup yang mirip dengan salah satu legenda tunggal putri terbaik Indonesia, Susy Susanti.

Susy Susanti yang menyumbang satu medali emas Olimpiade untuk Indonesia tersebut menikahi Alan Budikusuma, seorang atlet yang juga berkecimpung di dunia bulutangkis pada 9 Februari 1997 silam.

Serupa dengan Vu Thi Trang yang juga menikahi pebulutangkis putra andalan Vietnam yang pernah tampil di Olimpiade, Nguyen Tien Minh pada 2016 lalu.

Dengan kisah hidup yang serupa seperti Susy Susanti, apakah karier Vu Thi Trang bakal berjalan mulus dan meraih rentetan gelar seperti yang diraih sang legenda tunggal putri legendaris Indonesia tersebut?