Evaluasi Della Destiara/Rizki Amelia di Tahun 2019: Antara Stabilitas dan Perjuangan Antiklimaks

Selasa, 3 Desember 2019 20:55 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Lanjar Wiratri
© PBSI
Evaluasi pencapaian ganda putri Indonesia Della Destiara/Rizki Amelia jelang tutup tahun 2019. Copyright: © PBSI
Evaluasi pencapaian ganda putri Indonesia Della Destiara/Rizki Amelia jelang tutup tahun 2019.

INDOSPORT.COM - Pasangan ganda putri Della Destiara/Rizki Amelia menjadi salah satu pebulutangkis Indonesia yang telah menyudahi seluruh pertandingannya di tahun 2019. Hal itu tak lepas dari kegagalan mereka menembus BWF World Tour Finals 2019 kendati telah berjuang keras sejak pertengahan tahun.

Pertama kali dipasangkan sebagai ganda putri di tahun 2019 ini pada turnamen Tong Yun Kai Cup (Maret 2019), Della Destiara/Rizki Amelia akhirnya menjadi pasangan tetap mulai dari April hingga akhir tahun 2019 ini.

Hasil cukup bagus pun berhasil dicapai Della Destiara/Rizki Amelia di pertengahan April itu dalam kejuaraan bulutangkis Asia. Dimana mereka bisa menembus hingga babak semifinal.

Sayangnya di beberapa turnamen setelahnya, Della Destiara/Rizki Amelia justru konsisten terhenti di babak 32 besar atau 16 besar, sebelum akhirnya bisa membuktikan kualitas di Vietnam Open (September) dengan menjadi juara mengalahkan pasangan China Huang Jia/Zhang Shu Xian.

Selepas Vietnam Open, Della Destiara/Rizki Amelia juga kembali mampu mencatatkan prestasi menjanjikan. Di Indonesia Master behasil menembus final dan di Macau Open hingga ke semifinal. 

Sayangnya di dua turnamen terakhir tahun 2019, Fuzhou China Open dan Hong Kong Open, Della Destiara/Rizki Amelia harus terhenti di semifinal. Catatan itu juga yang melengkapi kegagalan mereka dipastikan tak bisa ikut serta di BWF World Tour Finals 2019.

Perjuangan Keras

Kegagalan Della Destiara/Rizki Amelia BWF World Tour Finals 2019 memang bukan hal yang mengejutkan. Namun jika melihat grafik kenaikan mereka dalam World Tour Ranking, keduannya mampu menorehkan catatan cukup menjanjikan.

Dari rangking 80 di Mei 2019, perlahan tapi pasti Della Destiara/Rizki Amelia terus meningkat. Juni 2019 ranking 64 berhasil ditembus Della Destiara/Rizki Amelia.

Sempat melorot hingga ranking 71 di awal Juli, Della Destiara/Rizki Amelia kembali meningkat drastis ke rangking 51 sebelum bulan Juli berakhir.

Sayangnya dengan grafik yang terus meningkat, Della Destiara/Rizki Amelia hanya bisa mencapai raihan tertinggi di ranking 33 pada November 2019. Ranking yang otomatis membuat perjuangan mereka antiklimaks karena gagal menembus BWF World Tour Finals 2019.

Stabililitas

Berbeda dengan catatan World Tour Ranking, Della Destiara/Rizki Amelia memiliki peringkat world ranking yang lebih baik. Mereka kini ada di peringkat 19 dunia sebagai pasangan ganda putri.

Namun jika melihat grafiknya, Della Destiara/Rizki Amelia terlihat kesulitan untuk berada di ranking yang terus meningkat.

Mengawali kebersamaan dalam ranking 16 dunia, Della Destiara/Rizki Amelia  memang cukup stabil menjaga peringkat di angka belasan. Namun sayangnya mendekati akhir tahun, ranking mereka melorot hingga menyentuh peringkat 19 kini.

Pada akhirnya, meski gagal menembus BWF World Tour Finals 2019, capaian Della Destiara/Rizki Amelia cukup menjanjikan pada tahun 2019 ini. 

Dengan dua kali menembus final dan sekali juara, bukan tak mungkin catatan lebih baik bisa didapatkan Della Destiara/Rizki Amelia pada tahun depan. Setidaknya bisa mengimbangi apa yang didapat pasangan ganda putri Indonesia lainnya saat ini Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%