Line-Up Resmi Tim Bulutangkis Putra vs Malaysia di Final SEA Games 2019

Rabu, 4 Desember 2019 07:10 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Humas PBSI
Tim bulutangkis beregu putra Indonesia dan Malaysia sudah merilis line-up masing-masing untuk partai final SEA Games 2019, Rabu (4/12/19). Copyright: © Humas PBSI
Tim bulutangkis beregu putra Indonesia dan Malaysia sudah merilis line-up masing-masing untuk partai final SEA Games 2019, Rabu (4/12/19).

INDOSPORT.COM – Tim bulutangkis beregu putra Indonesia dan Malaysia sudah merilis line-up masing-masing untuk partai final SEA Games 2019, Rabu (4/12/19). Kedua negara menurunkan seluruh pemain terbaiknya.

Jonatan Christie akan bertarung dengan Lee Zii Jia di laga pertama. Secara head-to-head, Jonatan unggul 4-0 atas sang lawan. Dalam dua pertemuan terakhir pada 2019, Jonatan selalu bisa menang mudah dengan dua set langsung.

Laga kedua akan mempertemukan dua ganda muda andalan masing-masing negara, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Fajar/Rian diprediksi akan menghadapi perlawanan yang jauh lebih keras pada laga esok.

Aaron Chia/Soh Wooi Yik adalah finalis All England 2019. Secara rekor pertemuan pun, mereka unggul 3-0 atas Fajar/Rian. Aaron/Soh jelas bisa menerkam Fajar/Rian jika ganda yang disebutkan terakhir banyak membuat kesalahan seperti kala melawan Thailand.

Selanjutnya, laga tunggal putra kedua akan mempertandingkan Anthony Sinisuka Ginting dan Joo Ven Soong. Satu-satunya pertemuan kedua pemain terjadi pada 2015, di mana kala itu Ginting meraih kemenangan dengan rubber set.

Menilik capaian kedua pemain saat ini, Ginting yang berperingkat delapan dunia jelas menang kualitas dan lebih diunggulkan dari lawannya. Joo Ven Soong, yang setahun lebih tua dari Ginting, masih berada di peringkat ke-62 dunia.

Jika salah satu negara belum bisa menyapu bersih tiga laga awal, partai keempat antara Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso melawan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi akan dilakukan setelahnya.

Partai keempat diprediksi akan sangat berimbang. Pasalnya, dalam empat pertemuan kedua ganda, skor head-to-headnya ialah imbang 2-2. Pada pertemuan terakhir di Indonesia Open 2018, Ong/Teo keluar sebagai pemenang.

Terakhir, partai pamungkas akan digelar jika kedua negara sama-sama memenangkan dua pertandingan sebelumnya. Pada pertandingan penentu ini, Shesar Hiren Rhustavito akan bertemu dengan Lim Chong King.

Lim Chong King saat ini menempati peringkat ke-186 dunia, yang mana berbeda jauh dengan Shesar di ranking 20. Dengan minimnya pengalaman Lim, Shesar diharapkan bisa meraih kemenangan jika berlanjut ke partai ini.

Line-Up Final Bulutangkis Putra SEA Games 2019 Indonesia vs Malaysia, Rabu (4/12/19), mulai 09.00 WIB:

Jonatan Christie vs Lee Zii Jia

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Aaron Chia/Soh Wooi Yik

Anthony Sinisuka Ginting vs Joo Ven Soong

Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso vs Ong Yew Sin/Teo Ee Yi

Shesar Hiren Rhustavito vs Lim Chong King

2