Cedera di SEA Games 2019, Mimpi Tunggal Putri Malaysia ke Olimpiade Bisa Pupus

Sabtu, 7 Desember 2019 17:56 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Mimpi debut pebulutangkis Malaysia, Soniia Cheah, lolos ke Olimpiade 2020 terancam pupus. Pasalnya, atlet berusia 26 tahun itu mengalami cedera di babak pertama nomor perorangan tunggal putri SEA Games 2019, Jumat (6/12/19).

Dilansir dari The Star, Soniia sebenarnya membuat perjudian untuk turun di nomor perorangan. Pasalnya, pada semifinal nomor beregu putri Senin (2/12/19) sebelumnya, ia menderita cedera engkel kaki kiri saat berhadapan dengan Ratchanok Intanon (Thailand).

“Saya tidak berada dalam kondisi terbaik usai cedera engkel saat nomor beregu. Tampil di nomor perorangan untuk Malaysia sangat penting untuk saya. Namun, semuanya semakin memburuk ketika hamstring saya tertarik,” ucap Cheah.

“Tertariknya hamstring membuat punggung saya sakit. Saya tidak bisa bergerak dengan baik akibat rasa sakit yang sangat luar biasa. Karena kondisi ini, saya memutuskan untuk mundur,” lanjut Cheah.

Dalam babak pertama nomor perorangan SEA Games 2019, Sonia akhirnya harus menelan kekalahan dari Thet Htar Thuzarer (Myanmar). Sonia merebut set pertama dengan 21-18. Namun, rasa sakit membuatnya kehilangan set kedua dengan 10-21 dan mundur di set ketiga saat kedudukan 5-12.

Cedera Cheah terjadi dalam situasi yang sangat mepet. Pasalnya, penghitungan poin Olimpiade 2020 tinggal menyisakan lima bulan. Terlebih, belum dapat dipastikan apakah Sonia bisa kembali bermain dalam waktu dekat.

Saat ini, ia berada di peringkat ke-18 dari 38 pebulutangkis yang bakal lolos otomatis ke Olimpiade. Soniia sebenarnya masih bisa lolos, dengan catatan hanya turun 20 peringkat. Namun, ketatnya persaingan tunggal putri dunia membuatnya dalam situasi bahaya.

Jika Soniia Cheah cedera panjang, Malaysia tidak akan mengirim tunggal putri ke Olimpiade 2020. Pasalnya, Goh Jin Wei yang merupakan salah satu tunggal putri terbaik Malaysia terlebih dahulu dipastikan absen akibat penyakit perutnya.