Hasil Final Bulutangkis SEA Games 2019: Kalah Spartan, Ruselli Hartawan Gagal Raih Emas

Senin, 9 Desember 2019 13:31 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Ronald Seger Pprabowo/INDOSPORT
Pemain bulutangkis Indonesia, Ruselli Hartawan, gagal meraih medali emas di SEA Games 2019 setelah ditumbangkan wakil Malaysia, Kisona Selvaduray. Copyright: © Ronald Seger Pprabowo/INDOSPORT
Pemain bulutangkis Indonesia, Ruselli Hartawan, gagal meraih medali emas di SEA Games 2019 setelah ditumbangkan wakil Malaysia, Kisona Selvaduray.

INDOSPORT.COM - Pemain bulutangkis Indonesia, Ruselli Hartawan, gagal meraih medali emas di SEA Games 2019 setelah ditumbangkan wakil Malaysia, Kisona Selvaduray, dengan skor 20-22, 21-14, dan 13-21.

Di game pertama pertandingan partai final SEA Games 2019 yang berlangsung pada Senin, 9 Desember 2019 tersebut, Ruselli mampu meraih dua poin berturut-turut. Meski demikian, Kisona ternyata langsung menyamakan kedudukan bahkan mengunggulinya sampai selisih tiga poin.

Meski demikian, wakil Indonesia itu pelan-pelan mulai panas dan mampu mempermainkan lawannya sampai tak berkutik dan menyamakan kedudukan menjadi 6-6. Namun, karena dirinya beberapa kali melakukan kesalahan sendiri, Kisona mampu unggul 11-10 sampai jeda.

Usai interval, pertandingan berjalan makin seru lantaran terjadi kejar-kejaran poin dengan Ruselli yang selalu mampu mengungguli Kisona. Meski demikian, Ruselli melakukan kesalahan berturut-turut yang membuat kedudukan berbalik. Namun ternyata, ia tetap menang melalui deuce sampai skor akhir 22-20.

Di game ke-2, wakil bulutangkis Indonesia itu berhasil meraih tiga poin berturut-turut sebelum lawan mulai mengumpulkan poin pelan-pelan sampai sukses mengungguli Ruselli dengan skor 8-4. Entah karena stamina yang mulai menurun atau hal lain, performa atlet berusia 21 tahun itu lebih buruk kali ini. Sehingga, Kisona mampu unggul 11-8.

Setelah jeda interval, Kisona memperlebar selisih poin sampai 15-8 karena kesalahan dari lawannya. Meski Ruselli perlahan mencoba mengejar selisih tersebut, tapi tunggal putri Malaysia itu sudah sangat jauh untuk bisa dikejar. Sehingga, set ke-2 ini pun dimenangkan oleh Kisona dengan skor telak 21-14.

Game ke-3, game penentuan. Kedua pihak tampak mulai kehilangan konsentrasi karena stamina yang sudah terkuras. Sehingga, baik Ruselli maupun Kisona seringkali mendapat poin dari kesalahan lawan. Meski demikian, wakil Malaysia mampu menguasai jalannya permainan dan unggul 11-8.

Setelah jeda tempo permainan jadi leboh cepat. Kisona ternyata tetap spartan dan melejit meninggalkan Ruselli sampai skor 16-10. Meski pebulutangkis asal Indonesia itu mencoba untuk mengejar, tapi selisih poin sudah sangat jauh. Sehingga, game ke-3 ini kembali dimenangkan oleh tunggal putri Malaysia dengan skor 21-13.

Dengan kekalahan ini, Ruselli Hartawan gagal ikut menyumbang medali emas di cabang olahraga bulutangkis nomor perorangan SEA Games 2019. Meski demikian, Wakil Indonesia lainnya yang bernama Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti sukses menjadi juara di sektor ganda campuran.