Hasil BWF World Tour Finals 2019: Kalah, Hafiz/Gloria Tunda Kunci Tiket Semifinal

Kamis, 12 Desember 2019 14:33 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Humas PP PBSI
Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja harus rela ditaklukan wakil China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong, di babak penyisihan Grup B BWF World Tour Finals 2019. Copyright: © Humas PP PBSI
Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja harus rela ditaklukan wakil China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong, di babak penyisihan Grup B BWF World Tour Finals 2019.

INDOSPORT.COM – Pasangan ganda campuran Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja harus rela ditaklukkan wakil China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong di babak penyisihan Grup B BWF World Tour Finals 2019.

Bertanding di Tianhe Gymnasium, Guangzhou, China, wakil Indonesia kalah lewat rubber games dengan skor 15-21, 22-20, 17-21 dalam waktu 61 menit pada Kamis (12/12/19).

Sejak dimulainya game pertama, bola tanggung yang diberikan oleh Zheng/Huang beberapa kali gagal dihalau oleh Hafiz/Gloria dengan skor 3-6. Backhand silang dari Zheng terus memberikan tekanan pada wakil Indonesia dan skor 6-11 berakhir di interval pertama.

Serangan bertubi-tubi dari Zhang/Huang terus menyulitkan Hafiz/Gloria menjadi 10-16.  Usaha serta perasan keringat tak mampu membuat wakil Indonesia membalikkan kedudukan dan game pertama dimenangkan oleh wakil China dengan skor 15-21.

Pertandingan ketat terus disuguhkan dengan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja unggul 7-4 di game kedua. Keraguan Zheng/Huang memberikan keunggulan bagi Indonesia menjadi 10-6 dan akhirnya Huang gagal melakukan defense dan poin 11-6 menutup interval kedua.

Wakil China terus berusaha untuk mengejar ketertinggalan 15-11. Adu netting dan bola tanggung lagi-lagi membuat Hafiz/Gloria kesulitan dan poin menjadi 16-16. Kombinasi smash kencang dari Hafiz/Gloria membuat Indonesia akhirnya mampu mempertahankan dominasinya dengan skor 22-20 berakhir di game kedua.

Game ketiga dibuka dengan adu drive dari kedua wakil. Zheng/Huang masih terus mencoba menekan dengan skor 3-8. Hafiz/Gloria yang mulai kurang fokus terus memberikan umpan melebar dan memberikan keuntungan kepada rivalnya dan interval ketiga berakhir 5-11.

Konsentrasi serta stamina yang mulai berkurang membuat Hafiz/Gloria tertinggal 10-16. Sempat mengejar lewat rally panjang, namun nyatanya ganda campuran Indonesia tak mampu membalikan kedudukan dan game ketiga berakhir kekalahan dengan skor 17-21.

Kekalahan ini membuat nasib Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja untuk lolos ke semifinal BWF World Tour Finals 2019 ditentukan saat melawan Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang) atau jika Praveen Jordan/Melati Daeva menang atas Zheng/Huang, Jumat (13/12/19).