Wajib Mati-matian, Menghitung Peluang Lolos Jonatan Christie di Grup B BWF World Tour Finals 2019

Jumat, 13 Desember 2019 09:17 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© instagram.com/bwf.official
Perjuangan Jonatan Christie (kanan) untuk lolos ke semifinal BWF World Tour Finals semakin berat karena di laga terakhir ia harus jumpa tunggal nomor satu dunia, Kento Momota. Copyright: © instagram.com/bwf.official
Perjuangan Jonatan Christie (kanan) untuk lolos ke semifinal BWF World Tour Finals semakin berat karena di laga terakhir ia harus jumpa tunggal nomor satu dunia, Kento Momota.

INDOSPORT.COM - Perjuangan Jonatan Christie untuk lolos ke semifinal BWF World Tour Finals semakin berat karena di laga terakhir ia harus jumpa tunggal nomor satu dunia, Kento Momota

Jonatan Christie harus menelan hasil pahit di laga kedua babak penyisihan Grup B BWF World Tour finals 2019. Menghadapi wakil Taiwan, Wang Tzu-wei, di Gymnasium, Guangzhou, China, Kamis (12/12/19), Jojo yang merupakan unggulan ketiga kalah dengan skor 12-21, 17-21.

Walau lawan adalah unggulan kedelapan, namun secara head-to-head Jojo sering kerepotan tiap jumpa Wang Tzu Wei. Dari delapan kali pertemuan, Jojo baru menang dua kali. 

Hasil ini pun membuat perjuangannya untuk lolos ke semifinal semakin berat karena di laga terakhir ia harus jumpa tunggal nomor satu dunia, Kento Momota

Jojo sebenarnya sempat memulai kejuaraan dengan baik usai mengalahkan wakil Denmark, Anders Antonsen. Satu poin dari kemenangan melawan Antonsen menyamai perolehan poin Kento Momota yang juga menang di laga awal. 

Namun, kekalahan di laga kedua membuatnya tak punya pilihan lain selain menang atas Kento Momota. Saat ini posisi di klasemen Grup B dari posisi 1-4 secara berurutan adalah Kento Momota (2 poin), Jonatan Christie (1 poin), Wang Tzu-wei (1 poin), dan Anders Antonsen (0 poin). 

Jojo untuk sementara ada di posisi kedua karena unggul selisih poin per gim atas Wang Tzu-wei. Untuk bisa memastikan tiket semifinal, maka Jojo pun harus menang atas Kento Momota

Dengan kemenangan atas Momota, Jojo akan memiliki dua poin sehingga minimal dirinya akan ada di posisi kedua klasemen sebagai batas terakhir kelolosan. 

Apabila Jojo kalah dari Momota, posisi Jojo akan terancam oleh Wang Tzu-wei. Sebab, jika Wang Tzu-wei menang, ia akan memiliki poin 2 yang mana lebih banyak dari Jojo (1). 

Bahkan, Jojo bisa saja tersalip oleh Anders Antonsen jika saja pebulutangkis asal Denmark itu sanggup menang dengan selisih poin per gim cukup jauh atas Wang Tzu-wei. 

Itu sebabnya, Jojo harus mati-matian tampil kontra Momota demi tiket semifinal. Dari rekor head-to-head, Jonatan Christie sering kesulitan tiap bertemu Kento Momota. Dari empat kali pertemuan, Jojo kalah tiga kali dan baru menang satu kali. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%